Cara Rawat Rem Tangan Motor Agar Mudah Diaktifkan

Rem tangan sepeda motor.
Sumber :
  • Vhiedephia

VIVA.co.id – Populasi motor skuter matik semakin bertambah setiap hari di Tanah Air. Ini skutik dianggap praktis dan gampang dikendarai.

5 Hal Sepele yang Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

Selain itu, skuter matik juga tidak membuat tangan pengendara kelelahan, akibat terlalu sering memegang kopling. 

Beragam fitur pendukung juga disematkan produsen motor matik, untuk membuat pemilik merasakan kenyamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya yaitu fitur Parking Lock System.

Motor Ada Suara Berdecit? Segera Cek Bagian-bagian Ini

Kendati demikian, seperti bagian sepeda motor lainnya, komponen ini juga perlu mendapatkan perawatan berkala, agar tak bermasalah ketika ingin digunakan. Lantas, bagaimana cara merawatnya?

Mekanik salah satu bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jakarta Timur, Stanley mengatakan, cara merawat parking lock system sebetulnya cukup mudah.

Penting Banget Nih Cara-cara Merawat Rem Cakram Motor Agar Awet

Yang utama, pastikan kampas rem masih tebal. Jika sudah tipis, maka saat pengendara lupa menonaktifkannya, kampas rem akan terus tertekan ke tromol.

Kedua, lanjut Stanley, jika ingin lebih awet, setelan baut rem disesuaikan dengan pengunci yang ada di setang. Atur agar pengunci tidak terlalu ketat saat menekan tuas rem.

Hal ini untuk mencegah pengunci rusak, karena harus menahan beban yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.

"Kampas rem juga harus dijaga, supaya tidak cepat habis. Karena, fitur ini selalu berhubungan dengan kampas rem belakang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya