Ini Kisaran Biaya Kuras Tangki Bensin Mobil

Menguras tangki bahan bakar.
Sumber :
  • Indonesiautosblog

VIVA.co.id – Sebagian pemilik kendaraan roda empat sepertinya masih jarang memerhatikan kondisi tangki bahan bakarnya. Padahal tangki kotor adalah sumber penyakit pada mobil. Kotoran yang mengendap, berpotensi menyumbat suplai bahan bakar ke mesin, sehingga membuat kerja mesin tidak normal. Tangki pun bisa kemasukan air bila dibiarkan kosong dan pemakaian yang sembarangan.

Pemotor Ini Mendadak Viral saat Isi Bensin

Untuk mengatasi hal itu, pemilik kendaraan diminta secara rutin menguras tangki bahan bakar. Karena tangki tidak saja berfungsi sebagai tempat penyimpanan, namun juga menjaga terjaminnya kenyamanan dan keselamatan berkendara. Lantas pertanyaannya, berapa sebenarnya biaya biaya untuk menguras tangki bahan bakar?

Service Operation Manager Plaza Toyota, Muhammad Iqbal menjelaskan, biaya kuras tangki di bengkel resmi dipatok sesuai jenis mobil. "Kalau untuk sekelas Avanza dikenakan biaya Rp250 ribu, sementara untuk Kijang Innova memakan biaya sekitar Rp400 ribu," kata Iqbal kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis, 17 November 2016.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Menurut Iqbal, pengurasan atau pembersihan tangki bahan bakar bisa dilakukan setiap kelipatan 80 ribu kilometer. Karena saat itu kendaraan harus melakukan servis besar di setiap kelipatan demikian. "Di antara pengerjaan pada servis besar adalah penggantian saringan bahan bakar," ungkap dia.

Tetapi tidak menutup kemungkinan pengurasan tangki bahan bakar bisa dilakukan lebih cepat apabila bensin telah tercampur dengan air. "Biasanya waktu pengerjaan pengurasan tangki selama dua jam, dan harga yang ditentukan itu untuk ongkos jasa saja," ujar Iqbal.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Terpisah, Penggawa Car Repair and Maintenance Jaya Perkasa Motor, Lisa mengungkapkan, biaya menguras tangki bahan bakar umumnya dipatok sekira Rp250 ribu. Harga itu menurutnya dipatok sama dengan mobil lainnya. "Semua mobil sama saja kalau mau dikuras tangkinya ongkosnya Rp250 ribu juga," kata Lisa.

Lisa menyebut, jarang para pemilik mobil menguras tangki bahan bakar. Hal itu biasanya dilakukan bila kendaraannya mengalami masalah. "Jarang sih yang nguras paling kalau mobilnya kena banjir takut ada air di tangkinya," ujar dia.

Perawatan mobil dari D’Cartail

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

D'Cartail hadir untuk menjawab kebutuhan para pemilik mobil dengan produk-produk premium terlengkap. Tak cuma itu, mereka juga tawarkan berbagai program Detailing Academy

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024