Bahaya Masuk Mobil Langsung Nyalakan AC

AC mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Air Conditioner menjadi fitur wajib yang ada pada setiap mobil. Dengan fitur tersebut, berkendara akan terasa lebih nyaman, terlebih di suasana kota-kota besar di Indonesia yang panas.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Namun, jangan langsung menyalakan AC sewaktu baru masuk ke dalam mobil. Sebab, udara dari semprotan AC yang bercampur dengan udara dalam mobil, bisa menyebabkan hal buruk. Ya, udara dalam mobil bisa menimbulkan udara yang bisa menyebabkan kanker jika dihirup. Demikian dilansir situs resmi Daihatsu, Senin 21 November 2016.

Dianjurkan, apabila mau masuk ke dalam mobil, buka dahulu semua kaca, baru menyalakan AC selama beberapa menit. Setelah itu, Anda baru dipersilakan jalan dan kemudian tutup jendela, setelah beberapa menit.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Menurut sebuah penelitian, radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia, antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok, dan bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, satu di antaranya adalah benzena, racun penyebab kanker (karsinogen).

Selain menyebabkan kanker, benzena juga bisa meracuni tulang-tulung tubuh kita, menyebabkan anemia, dan menurunkan jumlah sel darah putih. Apabila sering menghirupnya dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan leukemia, dan menambah risiko penyebab kanker.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Benzena juga dapat mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil. Tingkat benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg benzena.

Tetapi, apabila diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat celcius ke atas, tingkat benzena bisa naik hingga mencapai 2.000-4.000 mg, 40 kali tingkat benzena yang bisa ditoleransi.

Artinya, apabila Anda terbiasa langsung naik mobil tanpa membuka jendela, mau tidak mau Anda bakal menghirup banyak racun yang dengan sangat cepat masuk ke dalam tubuh. Jadi, sebelum menyalakan AC, biasakan Anda selalu membuka jendela dan pintu mobil supaya udara beracun yang ada di dalam mobil bisa terbuang keluar kira-kira lima menit. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya