Air Menetes di Knalpot Mobil, Pertanda Apa?

Air menetes dari knalpot.
Sumber :
  • www.ypayonline.com

VIVA.co.id – Pemilik kendaraan roda empat kerap menjumpai pemandangan air menetes di ujung knalpot saat memanaskan mobil di pagi hari. Sebagian pemilik pasti ada yang merasa was-was akan kondisi pada kendaraannya tersebut. Lantas pertanyaan pun muncul, apakah yang terjadi dengan mobil mereka dengan pertanda air menetes di ujung knalpot?

Kenali Tanda dan Penyebab Knalpot Mobil Bermasalah

Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurrahman mengungkapkan, air yang menetes di ujung knalpot mobil tak mengindikasikan bahaya pada kendaraan.

"Itu aman, asal air yang menetes bukan karena habis lewati banjir," kata Iwan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis, 24 November 2016.

Polisi: Pria Masukkan Kelamin ke Knalpot Alami Gangguan Mental

Dia mengungkapkan, menetesnya air di ujung knalpot mobil justru menandakan bila pembakaran mesin kendaraan sangat bagus. Menurutnya, hal itu proses alami. Karena saat malam ke pagi hari akan terjadi proses kondensasi atau pengembunan. 

"Biasanya pagi saat knalpot masih dingin, air menetes dari ujung knalpot," ujarnya menambahkan.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Penjelasannya terkait dengan rumus kimia. Rumus kimia bahan bakar atau bensin adalah C8H18. Jadi bensin dibakar dengan udara (O2) maka akan menghasilkan karbondioksida (CO2) dan air (H2O).

"Jadi hasil pembakaran pasti mengeluarkan air. Hanya saja setelah knalpot panas, air tersebut enggak sampai netes lagi di ujung knalpot, karena keburu menguap saat melalui knalpot. Airnya aman enggak sampai buat knalpot karatan," katanya.

Perawatan mobil dari D’Cartail

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

D'Cartail hadir untuk menjawab kebutuhan para pemilik mobil dengan produk-produk premium terlengkap. Tak cuma itu, mereka juga tawarkan berbagai program Detailing Academy

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024