Terapkan Cara Ini Agar Kaca Helm Tetap Jernih Saat Hujan

Pengendara motor melaju di tengah hujan deras
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id – Memasuki musim hujan, penting bagi pengendara sepeda motor untuk merawat kaca helm. Mengingat, kaca berfungsi melindungi mata dari terpaan debu, angin dan air hujan saat berkendara.

Usai Buka Baju Balap, Ini Video Kaca Helm Quartararo Lepas di Jerman

Pemilik toko Touwani Shop di Cilincing, Jakarta Utara, Ronald Touwani, memberikan tips bagaimana merawat kaca helm saat musim hujan. Pertama, kata dia, pemilik harus rajin membersihkan helm usai terguyur hujan.

"Kalau musim hujan, rajin dipoles kaca helmnya, supaya enggak jamuran. Kalau enggak pernah dibersihkan, bakal ada kotoran yang enggak bisa hilang dan akan mengganggu pandangan," kata Ronald kepada VIVA.co.id, Kamis 24 November 2016.

Perbaiki Kaca Helm yang Lecet Cuma Rp10 Ribu

Kedua, saat membersihkan, hindari pemakaian lap yang kasar, karena bisa menimbulkan goresan. Meski hanya goresan kecil, namun hal itu bisa mengganggu konsentrasi.

"Kaca helm yang bersih dan tidak ada goresan akan membuat kita aman. Bahaya sekali kalau ada sesuatu hal yang bisa mengganggu pandangan mata," ujarnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Terakhir, kata dia, lengkapi kaca helm dengan lapisan antiembun. Dengan menggunakan lapisan itu, timbulnya embun yang diakibatkan air hujan pada kaca helm bisa dicegah.

"Antiembun adalah lapisan tambahan di dalam kaca, agar kaca helm tetap jernih saat hujan. Biasanya kan pengendara menutup kaca helm, agar tidak ada air yang masuk. Hal ini bisa memunculkan embun yang mengganggu pandangan,” ungkapnya.

Ilustrasi poles kaca helm motor

Tips Otomotif Hilangkan Baret Kaca Helm Modal Rp10 Ribu

Menjaga kaca helm agar tetap mulus bukan perkara mudah. Ada saja hal yang membuatnya lecet atau tergores, mulai dari jatuh saat digantung hingga terkena lontaran kerikil.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2023