Apa yang Terjadi Bila Mobil Bensin Salah Isi Solar?

Ilustrasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Ada sejumlah pengendara yang terkadang menemui masalah pada kendaraannya. Di antaranya yakni salah mengisi bahan bakar mobil yang digunakan, semestinya diisi bensin malah terisi solar. Lantas bagaimana akibatnya?

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi mengungkapkan apabila mayoritas tangki bahan bakar sudah terisi solar, maka mesin mobil akan mogok. Sebab, solar termasuk jenis bahan bakar berkategori low explosive

Jika sudah demikian, kata dia, busi tak akan mampu membakar BBM yang masuk dalam mesin bensin yang berkarakter kompresi rendah. "Kalau solar masuk ke bensin enggak kebakar karena solar pakai kompresi, mogok mobilnya," kata Anjar di Jakarta, Jumat 25 November 2016.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Dia menyarankan, bila tangki bahan bakar mobil bensin tercampur solar, sebaiknya segera dikuras. Mengingat solar mengandung unsur minyak, sehingga lebih lengket atau menempel di tangki.

"Solar itu kan lengket, itu juga enggak bisa sekadar dikuras, harus dibersihkan saluran bahan bakarnya di-flush karena dia (solar) sifatnya kayak oli, menempel, ada solar saja di meja bersihkannya setengah mati," ungkap dia.
 

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini
Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022