Berapa Lama Ganti Minyak Rem Mobil?

Bengkel mobil
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Sebagian masyarakat memanfaatkan waktu liburannya untuk pelesir menggunakan mobil pribadi. Ada baiknya persiapkan kendaraan dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Biasanya waktu liburan dibarengi dengan kemacetan panjang. Nah, jangan sampai perjalanan menjadi terganggu dengan hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan keselamatan. Lantas apa saja persiapannya?

Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurrahman mengatakan, yang harus diperiksa pemilik kendaraan adalah ketebalan kembang ban. Bicara perawatan mobil, komponen ban tak bisa dianggap sepele.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Semakin sering mobil digunakan, ban makin menipis. Ban yang tipis sangat mudah pecah dan kalau pecah bisa bahaya. Ketebalan kembangan ban ideal itu 1.6 mm," kata Iwan kepada VIVA.co.id, Selasa 13 Desember 2016.

Dia menambahkan, pemilik juga perlu memeriksa kondisi rem termasuk di dalamnya memeriksa minyak dan kampas rem. Penggantian minyak rem, kata dia, dilakukan tiap jarak 20 ribu kilometer agar kondisi rem tetap terjaga. "Jangan lupa periksa oli, air radiator, kondisi AC dan audio yang bisa temani kita saat kemacetan melanda," ungkapnya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Tak lupa, dia pun menyarankan pemilik mobil untuk menyiapkan ban cadangan atau serep di dalam kendaraan. Dengan catatan, ban serep juga harus dalam kondisi yang optimal. Tekanan ban juga harus dalam kondisi normal. "Kalau mau libur akhir tahun, servis berkala harus dilakukan. Tanggung kalau cuma tune-up (servis ringan). Mending servis berkala," katanya.

Perawatan mobil dari D’Cartail

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

D'Cartail hadir untuk menjawab kebutuhan para pemilik mobil dengan produk-produk premium terlengkap. Tak cuma itu, mereka juga tawarkan berbagai program Detailing Academy

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024