Kisaran Biaya Servis AC Mobil, Termahal Ganti Kompresor

AC mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Air Conditioner pada mobil berperan penting untuk membuat kesejukan pada ruang kabin, sehingga berkendara pun menjadi nyaman meski dalam cuaca panas. Namun seiring pemakaiannya, komponen AC mobil pun juga bisa mengalami kerusakan sehingga membuat peranti pendingin tak bekerja dengan optimal, sebut saja seperti kompresor.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Pemilik Auto Rotary, Steven Lie mengungkapkan, selain usia pemakaian, kurangnya oli kompresor yang mengakibatkan piston bekerja lebih keras bisa membuat kompresor jebol. "Selain itu magnet clutch (kopling magnet) yang rusak juga bisa sampai merembet pada kerusakan komponen kompresor. Perlu diwaspadai juga kebocoran pada kompresor," kata Steven kepada VIVA.co.id di Jalan Balap Sepeda, Jakarta Timur, Rabu 14 Desember 2016.

Selain kompresor, sebab AC mobil tak bekerja optimal ditandai adanya kerusakan pada kondensor. Biasanya kondensor rusak itu putus atau bocor. "Kalau kondensor dan kompresor rusak sebaiknya segera diganti. Karena gram aluminium asal dari kompresor rusak masuk ke saluran kondensor dan tidak bisa dibersihkan," ujarnya.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Bila evaporator bocor atau rusak, biasanya terjadi lantaran banyaknya tumpukan debu yang menempel pada permukaan evaporator. Tumpukan debu yang terlalu lama dan mengeras adalah salah satu penyebab keroposnya evaporator. "Kalau tabung freon atau disebut receiver dryer itu sebuah komponen yang sebaiknya diganti saat pengerjaan servis atau bukan ditunggu rusak baru diganti. Jadi dirawat rutin," ungkapnya.

Dia menyarankan agar pemilik kendaraan untuk menjaga atau merawat AC mobil. Sebab biaya penggantian suku cadang bisa dibilang mahal jika komponen mengalami kerusakan. "Kalau ganti kompresor kisaran Rp2,5 juta-Rp12 juta. Evaporator Rp850 ribu-Rp2,5 juta. Kondensor Rp950 ribu-Rp3,8 juta, tabung freon Rp150 ribu-Rp650 ribu dan expansion valve Rp300 ribu-Rp475 ribu. Harga itu kisarannya, harga tergantung jenis mobil," katanya.
 

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas
AC mobil (Ilustrasi).

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

 Keracunan udara akibat Air Conditioner (AC) mobil kembali terjadi, bahkan menelan korban jiwa satu orang. Ada beberapa cara untuk menghindari keracunan gas ac mobil itu.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024