Tips Bikin Mulus Bodi dan Ban ala Pedagang Mobil Bekas

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Membeli mobil bekas kerap menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan dengan harga terjangkau. Apalagi, banyak mobil berstatus bekas pakai yang kondisinya nampak mulus seperti baru.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Padahal ada sebagian mobil yang tampil mulus berkat ketelatenan pedagang mobil bekas membuat kilap dagangannya jadi seperti baru. 

Menurut Latif, penggawa Autoprime, di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat, para pedagang mobil bekas punya cara tersendiri agar barang dagangan terlihat mulus. Hal ini tentu menarik untuk dicermati, karena siapa tahu trik mereka bisa diterapkan para pemilik mobil.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Sebenarnya tidak ada cara khusus, kita cuma pakai kompon untuk bagian bodi, obat anti-kerak dan juga silicon glaze saja untuk membersihkan tiap mobil yang baru dibeli," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Namun, sambung Latif, khusus di dilernya, ketelatenan dalam melakukan perawatan terhadap mobil menjadi hal penting untuk membuat kendaraannya tetap kinclong. Kendati demikian, bagi pemilik yang ingin melakukan perawatan mobil agar terlihat lebih maksimal, ada beberapa tips yang harus diketahui. 

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Pertama, hal yang perlu juga dirawat adalah selalu membersihkan interior mobil agar tak terlihat kotor. Khusus jok yang model motifnya kulit jeruk, cukup dengan di-lap saja," tuturnya. 

Kedua, kata Latif, jika ingin tampilan eksterior mobil tetap elok dilihat, usahakan tidak terlalu sering menggunakan kompon ataupun cairan pengkilat bodi mobil. Sebab, jika keseringan, akan membuat cat menjadi pudar. "Bagusnya itu dilakukan pencucian saja secara rutin dengan sabun khusus mobil, kalau pakai kompon bolehlah sesekali, tapi jangan terlalu sering juga," katanya.

Agar tampilan ban serta mesin lebih terjaga, usahakan satu minggu sekali melakukan penyikatan di tiap bagian yang kotor. "Sikatnya pakai yang kecil, biasa saja pakai air, sesekali gunakan cairan pembersih seperti sabun yang dikucek begitu dicampur air, tapi jangan terlalu sering."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya