Saat Ganti Kampas Rem, Komponen Ini Sebaiknya Ikut Diganti

Rem motor.
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA.co.id – Selain oli mesin, minyak rem pada sepeda motor juga membutuhkan perhatian pemiliknya. Sayangnya, masih banyak pemilik motor yang tidak pernah mengganti minyak rem secara berkala. Padahal, sebagai pengendara motor, mereka harusnya paham terhadap pentingnya kondisi minyak rem.

Motor Ada Suara Berdecit? Segera Cek Bagian-bagian Ini

Penggawa bengkel Rintis Sekawan Motor, Wawan, mengatakan, jadwal penggantian minyak rem dianjurkan seiring dengan penggantian kampas rem, yakni setiap enam bulan sampai satu tahun sekali.

"Itu juga perlu dilihat kondisinya, sudah habis atau belum minyaknya," kata Wawan kepada VIVA.co.id di Pondok Bambu, Jakarta, Rabu 26 April 2017.

Penting Banget Nih Cara-cara Merawat Rem Cakram Motor Agar Awet

Dia mengatakan, bila kondisi minyak rem sudah kotor, terkontaminasi dengan air atau timbulnya gelembung uap, kinerja minyak akan menurun.

"Sebaiknya minyak rem diganti saja. Meski bisa bertahan lama, tapi jangka waktu tertentu juga harus diganti," ujar Wawan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurutnya, membiarkan minyak rem tidak pernah diganti bisa membuat fungsinya untuk melumasi sistem hidrolik tidak maksimal. Parahnya lagi, hal itu bisa membuat piston yang menekan kampas rem menjadi macet.

"Rem jadi keras. Rem keras bisa membuat pengereman kurang maksimal. Bisa bahaya sewaktu berada di jalan," lanjut Wawan. (ren)

Service Motor

5 Hal Sepele yang Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

Sayangnya, banyak orang tidak sadar bahwa kebiasaan sepele mereka dapat membuat motor boros bensin.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024