Cara Benar Ganti Merek dan Tipe Oli Mesin

Kuras oli mesin mobil/Ilustrasi.
Sumber :
  • Bmwblog

VIVA.co.id – Oli merupakan elemen penting bagi setiap kendaraan, termasuk mobil. Oli mesin berguna untuk melumasi tiap komponen yang bergerak di dalam mesin, sehingga gerakan komponen tetap licin dan tidak menimbulkan gesekan.

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Tiap merek dan tipe oli memiliki kualitas yang berbeda, sesuai dengan kadar kekentalan dan kandungan kimianya. Penggunaannya pun tergantung pada spesifikasi mesin.

Namun, masih saja ada konsumen yang sering mengganti merek atau tipe oli dengan berbagai alasan. Salah satunya demi menghemat pengeluaran. Padahal, hal itu berdampak buruk bagi mesin mobil.

Ini Alasan Mengapa Oli Mesin Butuh Zat Tambahan atau Aditif

"Kalau awalnya pakai oli merek A, kemudian ganti merek B, nah dua merek ini pakai bahan kimia berbeda. Akan terjadi reaksi kimia, karena zat aditifnya beda. Akibatnya, mesin mobil bisa mati total," kata Assistant Sales Manager Aisin Indonesia, Benny W Liem.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin mengganti oli dari merek satu dengan lainnya, Benny menyarankan untuk melakukan pengurasan tangki oli terlebih dahulu sampai bersih. Tindakan ini merupakan upaya mencegah atau mengurangi terjadinya pencampuran senyawa yang tak sejenis.

Jangan Kaget Jika Beli Oli Yamalube Kemasannya Sudah Tidak Pakai Botol

"Kuras hingga bersih, jangan sampai ada sisa oli lama. Jika sudah dibersihkan, ya bisa langsung ganti dengan oli baru. Kami sarankan saringan oli juga harus diganti setiap pergantian oli," ujarnya. (art)

Ilustrasi menuang oli mesin mobil

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Oli mesin yang baru dan bersih memiliki peran krusial dalam kelancaran perjalanan.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024