Klakson Motor Tiba-tiba Ngadat, Kenali Sumber Masalahnya

Pengendara servis sepeda motor matiknya.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Peran klakson pada kendaraan, termasuk motor tentu sangat vital. Hal itu mengingat pentingnya fungsi klakson untuk memberikan tanda peringatan di jalanan. Namun, tak jarang pemilik motor dibuat kesal, karena klakson tiba-tiba ‘ngadat’.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Ya, klakson juga akan mengalami penurunan kualitas seiring lamanya pemakaian. Fitur yang berlogo terompet itu bisa lemah juga bisa mati sewaktu-waktu jika malas dirawat.

Menurut mekanik bengkel resmi Yamaha Kemayoran, Ramdani, klakson mati biasanya terjadi karena beberapa faktor. Pertama adalah kondisi saklar pada setang.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Fungsi saklar dapat terganggu, karena adanya karat atau kotoran yang menempel. Sehingga, rumah saklar dari setang ini harus dilepaskan dan dibersihkan dengan menggunakan cairam antikarat.

"Biasanya klakson mati terjadi sama motor yang di atas tiga tahunan. Pertama harus cek saklarnya dulu, karena kalau enggak nyala biasanya saklar sudah korosi," kata Ramdani kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kata dia, switch atau tombol klakson juga kerap menjadi masalah. Pada motor yang berumur lama, biasanya sering terdapat kerak pada bagian soketnya. Apalagi, motor sering dicuci atau terkena air hujan sehingga mengalami karat.

"Periksa tombolnya apa sering kena air, kalau sering kena air semprot dulu pakai angin tuh tombolnya," ujarnya.

Biasanya aki soak juga bisa mempengaruhi kondisi klakson. Oleh karena itu, terlebih dahulu cek sumber arus listriknya. Dengan cara nyalakan lampu sein atau lampu rem serta electric starter.

"Kalau normal, berarti permasalahan bukan pada akinya tapi karena klaksonnya. Ya kalau motornya sudah lama, klakson motor juga menurun (kualitasnya). Biasanya harus diganti, biayanya sekitar Rp65 ribuan ganti klakson," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya