Trik Bikin Anak Tak 'Bete' di Mobil saat Terjebak Macet

Libur Paskah Puncak Macet Panjang
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Libur panjang Natal dan Tahun Baru banyak dimanfaatkan masyarakat di Tanah Air untuk berwisata bersama keluarga. Alat transportasi favorit yang dipilih untuk jarak terjangkau, yakni menggunakan mobil pribadi.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan. Yakni kenyamanan dan keamanan anak saat di dalam mobil. "Biasanya musim liburan begini jalanan macet, baik di lajur utama atau bahkan untuk akses ke obyek wisata. Saran saya perhatikan kebutuhan anak dulu selama dalam perjalanan," kata Direktur Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu saat dihubungi VIVA, Sabtu, 23 Desember 2017.

Kata Jusri, buatlah kabin mobil senyaman mungkin agar anak-anak tidak cepat bosan saat berada di kondisi macet dalam waktu lama. Kemudian, atur tata letak barang bawaan saat berada di mobil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Barang kebutuhan anak seperti makanan ringan, mainan anak, selimut dan bantal, hingga obat-obatan di kabin depan atau tengah, sehingga mudah dijangkau. Sementara tas untuk pakaian ganti dan barang lain bisa ditaruh di bagasi," ujarnya.

Selain itu, siapkan hiburan untuk anak selama perjalanan agar tidak jenuh dan bosan saat melalui jalanan yang macet. Mainan anak, menurut Jusri, menjadi alat ampuh saat anak rewel karena mobil berhenti lama di jalanan yang macet.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Bisa berupa mainan, gadget, buku cerita, hingga film anak-anak jika di dalam mobil sudah dilengkapi audio sistem dengan monitor atau televisi. Ini cukup ampuh karena biasanya kalau anak rewel di mobil bisa mengganggu konsentrasi yang mengemudi," kata dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022