Musim Hujan, Sering-sering Buka Kap Mesin Mobil

Tikus di mesin mobil.
Sumber :
  • Dok Toyota.

VIVA – Meski tinggal di kota besar, namun para pemilik mobil juga kerap diganggu oleh kehadiran hewan-hewan yang berpotensi merusak kendaraan.

Bingung Kapan Harus Ganti Oli Mobil? Ini 5 Ciri yang Harus Diketahui

Ruang mesin kerap dijadikan tempat persembunyian bagi tikus. Hewan pengerat ini umumnya masuk ke dalam ruang mesin jika cuaca dingin, seperti saat musim penghujan.

Jadi, jangan kaget jika beberapa komponen mesin, terutama kabel, menjadi sasaran tikus untuk digerogoti. Kabel dengan konstruksi kenyal dan keras seperti selang wiper merupakan benda kesukaan tikus.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

"Jangankan selang wiper, kabel-kabel saja bisa digigit tikus. Mereka bisa masuk lewat lubang-lubang mesin dan kolong mobil," kata Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta, Jakarta, Dolf Valentino kepada VIVA.

Kondisi kolong mesin yang terbuka, walaupun sedikit, menjadi celah bagi tikus untuk mencari makanan dan berlindung dari suhu dingin.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Karena kelaparan, ya digigiti semua yang empuk-empuk," ujarnya menambahkan.

Untuk mengantisipasinya, kata dia, pemilik harus rutin memeriksa ruang mesin mobil. Disarankan juga untuk menaruh benda-benda yang bisa mengusir tikus.

Namun yang terpenting, ungkap Dolf, adalah memarkir mobil jauh dari tempat yang kotor. Contohnya, jangan parkir dekat tumpukan sampah atau benda-benda usang yang biasa dijadikan tempat tikus bersembunyi.

"Pakai analisa saja, tikus kan mainnya pasti dekat sama sampah dan tempat-tempat yang kotor. Maka dari itu, kalau cari parkiran harus menjauhi tempat tersebut," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya