Ban Mobil Harus Ganti Tiap Lima Tahun, Kenapa?

Ban Yokohama BlueEarth RV 02.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Ban merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah kendaraan. Selain membuat gerakan mobil menjadi lebih mudah, karet bundar ini juga berperan penting dalam sistem kenyamanan dan keamanan.

3 Tanda Ban Mobil Bocor Halus

Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui bahwa ban juga memiliki batas pakai. Menurut Marketing Manager PT YHI Indonesia, Tejo Andriastono, normalnya ban bisa awet sampai lima tahun.

"Jarak tempuh ban semenjak dipakai hanya lima tahun. Habis enggak habis, lima tahun ganti. Karena, pastinya setelah itu bahaya," kata Tejo di Kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa 16 Januari 2018.

Alamak! Dua Ban Mobil Dokter Tengah Parkir di RS Medan Raib Digondol Maling

Menurutnya, ban akan tetap awet sepanjang pemakaian normal dan menyimpan kendaraan secara benar. Seperti, tidak memarkir kendaraan di bawah sinar matahari langsung.

"Kalau terkena sinar matahari, lama kelamaan bisa getas karet bannya," ujarnya.

Benda Kecil di Ban Mobil Ini Fungsinya Canggih Banget

Meski ban mobil belum tipis kembangnya, namun harus segera diganti jika sudah dipakai selama lima tahun. Sebab, dikhawatirkan komponen karet ban mengalami perubahan.

"Jadi tidak maksimal lagi. Secara performa dan kualitas, karena sudah dipakai. Ini berlaku untuk mobil jarang, sering dipakai dan semua jenis mobil. Karena, itu menyangkut dengan karet bannya sendiri," kata dia.

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Mobil kepresidenan yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) diduga mengalami bocor ban saat melakukan kunjungan kerja ke Grobogan, Senin 22 Januari 2024 lalu.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024