Duduk di Minibus Ini Serasa Naik Jet Pribadi

Modifikasi Mercedes-Benz Sprinter.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA – Gelaran Indonesia International Motor Show 2018 tak hanya dimanfaatkan untuk menampilkan mobil dan sepeda motor baru saja. Industri otomotif pendukung lainnya juga hadir mewarnai hajatan tahunan tersebut.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Salah satunya yaitu bengkel modifikasi yang bisa menyulap interior mobil, PT Bahana Selaras atau Baze. Perusahaan ini mampu mengubah kabin kendaraan menjadi lebih mewah, serasa berada di dalam jet pribadi.

Dalam ajang tahunan ini, mereka membawa dua minibus, yaitu Mercedes-Benz Sprinter A2 315 CDi dan Toyota Hiace. Pemilik Baze, Bari Setiadi mengatakan, saat ini pasar modifikasi interior mewah pada kendaraan cukup menggembirakan.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

"Pasar interior mewah cukup baik. Kami memberikan opsi orang yang memodifikasi mobil-mobil besarnya sesuai dengan kebutuhan," kata Bari saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu 21 April 2018.

Modifikasi interior kendaraan

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Ia mengatakan, sejauh ini perusahaannya menawarkan untuk memodifikasi interior bus dan minibus. Namun, pihaknya juga bisa mengubah tampilan kabin mobil multi purpose vehicle premium, Toyota Alphard.

"Kalau mobil yang kecil tidak bisa. Yang paling kecil buat kami itu Toyota Alphard, itu masih bisa di-custom," ujarnya.

Mercedes-Benz Sprinter A2 315 CDi cukup menyedot perhatian pengunjung pameran. Sebab, fasilitas kabin dibuat lebih mewah oleh Baze. Mulai dari jok captain seat hingga pengoperasian kursi atau meja hanya dengan tombol.

Dinding kabin mulai dari samping hingga atap juga dilapis ulang, dan pemakaian jok berbahan kulit sapi hingga kulit buaya.

Tak sampai di situ, kabin juga tampil mewah dengan TV LED 22 dan 32 inci, perangkat audio hingga minibar yang siap menemani pengguna selama perjalanan.

"Lama pengerjaan paling lama tiga minggu sampai satu bulan. Tergantung kerumitan dan permintaan konsumen," ujarnya.

Modifikasi interior kendaraan

Untuk memodifikasi Mercedes-Benz Sprinter A2 315 CDi, dipatok harga Rp600 juta. Namun, konsumen bisa membeli utuh mobil tersebut seharga Rp1,6 miliar.

"Untuk Toyota Hiace dengan tampilan interior yang telah dirombak, harganya bisa mencapai Rp700 jutaan. Kalau Alphard mungkin bisa sekitar Rp 250 jutaan. Ubahannya bisa jadi dua (kursi) di depan dan
dua di belakang," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya