Dua Mobil Bisa Dibuka dengan Kunci yang Sama

ilustrasi remote mobil
Sumber :
  • ehow

VIVA – Teknologi memungkinkan manusia untuk hidup lebih nyaman dan aman. Salah satu contohnya, fitur immobilizer yang ada pada kendaraan.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Saat ini, hampir semua mobil baru dibekali dengan fitur tersebut. Immobilizer adalah sebuah sistem pengaman, yang mencakup alarm dan pembuka kunci pintu otomatis.

Dengan adanya fitur tersebut, hanya pemilik yang memegang kunci remote bawaan yang bisa mengakses mobil mereka sendiri.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Meski ada dua mobil dengan merek dan tipe yang sama, namun masing-masing remote tidak bisa digunakan untuk membuka mobil yang bukan pasangannya.

Namun, hal itu ternyata bisa terjadi. Dilansir dari Rushlane, Minggu 6 Mei 2018, dua unit Tata Tiago yang dimiliki dua orang berbeda bisa dibuka dengan satu remote.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Seorang warga India bernama Mayur Nath Reddy bercerita, bagaimana ia terkejut saat tetangganya yang kebetulan memiliki mobil dengan merek dan tipe yang sama, hendak pergi dari rumah.

Saat tetangga yang tidak disebutkan namanya itu menekan remote, kunci pintu mobilnya dan juga Mayur terbuka. Lampu sein sebagai penanda saat remote ditekan pada kedua mobil juga menyala.

Setelah diselidiki, ternyata kesalahan ada pada diler. Kebetulan, kedua mobil memiliki nomor seri yang berurutan. Dan saat dikirim ke konsumen, teknisi lupa memprogram ulang sistem pengaman dengan kode yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya