Cuci Motor Paling Ekstrem, Semua Onderdil Dicopot

Tim balap MotoGP saat mencuci motor.
Sumber :
  • Instagram @motogp

VIVA – Banyak yang beranggapan, kondisi dari sebuah kendaraan bermotor bisa dilihat dari kebersihannya. Contohnya, jika ada sepeda motor yang selalu terlihat resik, itu berarti si pemilik rajin melakukan perawatan berkala.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Tidak sedikit pula yang berasumsi, performa motor akan tetap terjaga jika sekujur bodinya bebas dari debu dan kotoran. Hal itu yang mendasari tim balap MotoGP untuk menjaga keapikan tunggangan pembalap mereka.

Seperti yang dilansir dari akun Instagram resmi @motogp, Rabu 16 Mei 2018. Sebuah video memperlihatkan bagaimana kru tim memereteli semua bagian dari motor balap yang akan digunakan untuk berlaga.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Setelah semua komponen dilepas, kemudian satu per satu dicuci dengan air bersih bertekanan tinggi. Mulai dari komponen kecil seperti baut, hingga rangka motor yang berukuran besar.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Bahkan, blok mesin dan suspensi juga tak luput dari semprotan air serta kuas. Tak hanya motor, tim juga membersihkan semua perlengkapan berkendara yang digunakan pembalap, misalnya sepatu.

Usai dibilas, kemudian komponen itu dikeringkan dengan udara bertekanan dan dipasang kembali sesuai fungsinya.

Dalam kolom caption, akun tersebut menulis “Perfect preparation prevents poor performance,” yang berarti persiapan sempurna mencegah munculnya performa buruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya