Enggak Nyangka, Harga Alat Berat Ini Setara 45 Alphard

Ekskavator Caterpillar 6030
Sumber :
  • Caterpillar

VIVA – Pembangunan infrastruktur tidak akan bisa berjalan, tanpa adanya sarana pendukung. Salah satunya alat berat, seperti ekskavator dan forklift.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Tanpa keberadaan alat-alat bertenaga mesin tersebut, tentu pekerjaan tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat.

Berbeda dari kendaraan beroda empat yang digunakan sebagai alat transportasi, ekskavator atau backhoe terbuat dari material besi. Hal itu dilakukan, karena pekerjaan yang dilakukan membutuhkan kekuatan struktur.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Tak hanya bodi, mesin yang dipakai juga umumnya memiliki spesifikasi lebih tinggi. Seperti kapasitas lebih besar dan torsi yang dihasilkan.

Berdasarkan data yang didapat VIVA dari Kementerian Dalam Negeri, alat-alat berat ada yang harganya fantastis. Tidak kalah dari mobil mewah, bahkan supercar.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Contohnya Caterpillar 6030, alat berat yang masuk dalam kategori ekskavator. Harga alat ini dalam status off the road, atau belum termasuk pajak, mencapai Rp45,6 miliar.

Toyota Alphard edisi 2018.

Jika dibandingkan dengan mobil keluarga kelas mewah, uang yang dikeluarkan untuk membeli alat tersebut sama dengan memboyong 45 unit Toyota Alphard. Dalam laman resmi Toyota Indonesia, kendaraan itu dijual mulai Rp925,2 juta berstatus on the road.

Caterpillar 6030 juga dibekali dengan beragam fitur canggih, seperti lampu LED, pendingin kabin dan desain jok ergonomis.

Mesinnya terdiri dari 12 silinder, berkapasitas 27.000 cc dan dibekali dengan turbocharger. Tenaga yang dihasilkan setara hypercar, yakni 1.530 daya kuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya