3 Tahun Setelah Merdeka, Indonesia Bikin Pesawat Bermesin Harley

Pesawat bermesin Harley-Davidson buatan Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Membuat rancang bangun mobil maupun sepeda motor, saat ini banyak dilakukan penggemar otomotif. Namun, siapa sangka, budaya custom ini bisa dilakukan pada pesawat terbang.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Pesawat yang diubah rancang bangunnya merupakan peninggalan bersejarah milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, dan diberi nama RI-X WEL. Proses custom dilakukan oleh Biro Rencana dan Konstruksi TNI AU pada 1948 di Pangkalan Udara Maospati (Sekarang Iswahjudi, Madiun).

Hebatnya, pesawat ini sudah diuji terbang dari Lanud Iswahjudi menuju Adisutjipto, Yogyakarta. Kini, pesawat tersebut bisa dilihat langsung oleh pengunjung gelaran otomotif Kustomfest 2018 di Jogja Expo Center.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi mengatakan, keputusan menghadirkan pesawat  RI-X WEL adalah untuk mengapresiasi karya anak bangsa, yang ternyata sudah dimulai sejak masa lampau.

Pesawat bermesin Harley-Davidson buatan Indonesia

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

“Saat ini harus bisa lebih kreatif dalam segala kenyamanan yang ada. Pendahulu kita sudah membuktikan, bisa membuat pesawat dan menerbangkannya. Diharapkan, insan kreatif kita harus punya semangat untuk bisa lebih baik dalam berkarya,” ujar Lulut di Yogyakarta, Minggu 7 Oktober 2018.

Jantung penggerak pesawat ringan satu awak ini menggunakan mesin Harley-Davidson WL berkubikasi 750 cc buatan 1925, dan menjadi pesawat custom pertama di Indonesia.

Pesawat bermesin Harley-Davidson buatan IndonesiaPesawat ini tetap menggunakan rangka dari besi dan sayap dari kayu. Kulit pesawat 80 persen menggunakan kain Blacu, dengan bagian lainnya menggunakan bahan aluminium.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya