Cara Unik Bersihkan Landasan Pesawat Ala Rusia

Mesin jet yang digunakan untuk membersihkan landasan kapal induk.
Sumber :
  • Jalopnik
VIVA.co.id
Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini
- Seperti sirkuit balap, landasan yang biasa digunakan oleh pesawat untuk terbang dan mendarat juga harus steril dari benda-benda kecil seperti kerikil dan pasir. Bahkan jika di kapal induk, area landasan harus bersih dari semua obyek yang mungkin bisa tersedot masuk ke dalam mesin pesawat.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Proses pembersihan landasan biasanya dilakukan setiap ada jadwal pesawat yang akan terbang. Hal ini wajib dilakukan, karena saat sedang tidak ada kegiatan, maka landasan beralih fungsi menjadi tempat berbagai macam kegiatan, seperti bongkar muat dan perbaikan.

Satu benda kecil saja, seperti kancing baju atau peniti yang jatuh, bisa menjadi ancaman bagi pesawat-pesawat tempur yang harganya jutaan dolar. Nah, di kapal induk milik Amerika Serikat, biasanya kegiatan bersih-bersih dilakukan dengan cara mengajak seluruh kru kapal untuk berjalan dari satu ujung landasan ke ujung lain, sembari memunguti semua benda yang ditemukan.

Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas

Dilansir dari Jalopnik, Kamis 16 April 2015, apa yang dilakukan di kapal induk Rusia sedikit berbeda. Alih-alih mengerahkan puluhan tentara, mereka menggunakan traktor yang disulap menjadi seperti penyedot debu. Bedanya, bila penyedot debu di rumahan menghisap kotoran, maka traktor ini justru mendorong semua benda kecil keluar dari area landasan.

Sebagai mesin pendorong, mereka menggunakan sebuah mesin jet bekas yang dulu biasa dipasang pada pesawat tempur MIG-15. Mesin yang memiliki label Klimov VK-1 merupakan modifikasi dari mesin jet tipe Nene buatan Rolls-Royce.

Tidak diketahui berapa besar tenaga yang mampu dihasilkan mesin ini, namun yang jelas, cara ini jauh lebih efektif, karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk membersihkan landasan.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya