VIDEO: Ini Dia Hummer 'Made in' Sleman

Hummer buatan Sleman.
Sumber :
  • tvOne

VIVA.co.id - Kegagahan mobil Hummer memang kerap dikaitkan dengan armada perang tentara Amerika Serikat (AS). Hummer adalah varian sipil dari Humvee, kendaraan tempur resmi tentara AS.

Sadis, Mobil Hummer Disulap Jadi Kereta Kuda

Namun siapa sangka, mobil Hummer rupanya tak semuanya dibuat di Amerika Serikat. Sebab, ada juga yang dibuat di Indonesia, tepatnya di Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Adalah Eko Budi Rahmanto, sosok pria ramah yang menjadi salah satu pembuat mobil Hummer. Namun, berbeda dengan Hummer asli, mobil berpenggerak empat roda yang ia buat merupakan hasil modifikasi.

Ini Ruginya Beli Mobil Bekas Perang

Untuk merakitnya, Eko mengaku bahan-bahan digunakan ada yang dibuat sendiri, seperti bodi. Tapi untuk urusan jantung pacu, ia memanfaatkan mesin-mesin bekas dari mobil yang sudah tak terpakai.

“Kalau kaca spion dan lampu-lampu, masih menggunakan barang orisinil,” ucap Eko.

Hummer Murah Meriah, Bikinan Sleman

Inovasi dalam merakit mobil memang digeluti Eko sejak lama. Sebab, hobi di dunia otomotif telah Eko lakukan sejak di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tak heran, saat ini dia sangat terampil membuat mobil di bengkel rumahnya.

Sejak 2004 lalu, Eko telah membuat mobil jenis Hummer sebanyak 10 unit. Untuk membuat satu unit, kata Eko, dibutuhkan biaya yang cukup banyak, yaitu antara Rp400-450 juta. Tentu saja, jika membeli model asli, angka ini bisa berkali-kali lipat lebih tinggi.

Alasan Eko membuat mobil Hummer adalah berkat inspirasi yang ia dapat,dari seorang teman dari Jakarta, yang mempunyai mobil Hummer dengan keadaan hancur. Lalu, Eko pun membawanya ke Yogyakarta.

“Lalu saya bikin. Bodi-bodi dibuat sendiri. Sedangkan untuk mesin, memanfaatkan mesin dari mobil bekas,” ucapnya.

Anda bisa melihat videonya melalui tautan .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya