Empat Ambulans Paling Unik di Dunia

Ambulans motor di Sudan selatan.
Sumber :
  • www.theguardian.com

VIVA.co.id - Ambulans sejatinya merupakan kendaraan gawat darurat yang digunakan untuk mengangkut orang sakit atau cedera. Istilah Ambulans digunakan untuk menerangkan jika kendaraan yang digunakan membawa peralatan medis kepada pasien di luar rumah sakit atau memindahkan pasien ke rumah sakit.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Seiring perkembangan zaman dan perbedaan kebutuhan, kendaraan medis itu tampil berbeda-beda di berbagai negara. Meski demikian, semuanya masih memiliki fungsi sama, dan hadir dengan kelengkapan sirine, serta dapat menembus kemacetan lalu lintas.

Setidaknya, ada empat kendaraan ambulans unik yang ada di dunia. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Ambulans terpanjang, bisa bawa 44 pasien

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota


Ambulans Terpanjang di Dunia, Bisa Bawa 44 Pasien

Dubai tampaknya menjadi salah satu negara kosmopolitan yang terus bertranformasi ke era modern. Tak hanya memiliki gedung tertinggi, apartemen tertinggi, dan aquarium terbesar, Dubai ternyata juga
memiliki ambulans terpanjang di dunia.

Seperti dilansir Themotorreport, ambulans yang dimiliki Dubai memiliki panjang sekitar 18 meter. Ambulans itu juga diklaim dapat membawa 44 pasien sekaligus.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Ambulans dari mobil merek Mercedes-Benz Citroen 7 itu juga sarat dengan teknologi canggih, seperti fasilitas satelit dan internet untuk para dokter yang bertugas. Bahkan di atap ambulans, disiapkan untuk pendaratan helikopter jika dalam keadaan darurat.

Kepala Dubai Ambulans Center (DAC), Khalifa bin Darri, mengatakan, mobil itu juga memiliki beberapa ruang operasi, ruang perawatan intensif (ICU), ruang radiografi, dan apotik yang saling terintegrasi. Tak pelak jika ambulans ini disebut dengan rumah sakit berjalan.

"Ambulans ini menjadi rumah sakit berjalan yang akan dikerahkan jika terjadi kecelakaan dan operasi penyelamatan dengan jumlah korban yang banyak, sehingga para korban bisa langsung mendapatkan
perawatan sebelum dipindahkan ke rumah sakit," ujar Darri.

Menurut Darri, mereka sengaja membuat ambulans super besar itu karena tingkat kecelakaan lalu lintas di negaranya terbilang cukup tinggi.

"Kami butuh ambulans yang bisa membawa pasien sebanyak mungkin dan memberikan perawatan secepat mungkin. Oleh sebab itu, satu tim dari Emirat mendesain ambulans ini dan mengirimnya ke sebuah
perusahaan otomotif Jerman untuk pembuatannya," ujarnya.



2. Ambulans becak motor


Ambulans Motor, Kendaraan Pengangkut Pasien di Negara Kecil

Kendaraan medis gawat darurat biasanya dikaitkan dengan mobil roda empat. Mobil itu selalu dilengkapi dengan berbagai peralatan medis untuk merawat pasien saat hendak menuju rumah sakit guna perawatan lebih lanjut.

Namun, ada yang menarik pada ambulans di Sudan, Zimbabwe, dan Malawi. Kendaraan pengangkut orang sakit di tiga negara itu ternyata jauh dari ambulans-ambulans yang ada di banyak negara lainnya. Di sana, ambulans hanya berupa sepeda motor yang ditambahkan sespan (ruang tambahan) di sisinya.

Dilansir The Guardian, ambulans-ambulans sepeda motor ternyata dirancang untuk menjangkau banyaknya medan berat, terjal, dan berliku di sana. Laporan menyebutkan, kendaraan ambulans kebanyakan merupakan hasil hibah dari UNICEF untuk menjangkau para wanita hamil, dan lansia yang tinggal di daerah-daerah terpencil.

Ambulans motor ini diberi nama E-Ranger. Bukan tanpa keunggulan, sepeda motor multi-terra ini mampu melaju kencang meski terdapat tandu atau tempat tidur di sisinya. Meski tak sebesar ambulans mobil.

E-Ranger dilengkapi ruang pendingin yang berisi vaksin, obat-obatan, dan air bersih. "Ini adalah salah satu langkah besar bagi kita untuk cepat menanggapi keadaan darurat yang berhubungan dengan kehamilan dan penyakit anak. Ini adalah solusi terbaik untuk kemiskinan," kata Dr Yasmin Haque, Direktur Program UNICEF Sudan Selatan.

Untuk menjangkau ambulans, pihaknya dibantu pemerintah pusat dan daerah setempat menyebar nomor telepon kepada seluruh warga-warga di daerah terpencil. Para pembawa ambulans motor juga dibekali UNICEF dengan keterampilan khusus mengenai bagaimana mengatasi kasus kritis manusia, dan ambulans-nya.

"Sepeda motor ambulans ini akan menjembatani kesenjangan antara rumah dan pusat-pusat kesehatan serta dapat menekan kematian ibu hamil di negara-negara tersebut," tambah Dr Haque.


3. Ambulans terkecil, jago off road


Dubai Punya Ambulans Paling Kecil di Dunia, Seperti Apa?

Tak hanya ambulans terbesar dan terpanjang, Dubai Coorporation for Ambulance Services (DCAS) juga memiliki armada mesin unik. Selain diklaim sebagai ambulans terkecil, kendaraan ini juga dapat melintas di jalur off road.

Dilansir Emirates 247, mobil ambulans ini memiliki enam roda dan punya beberapa fasilitas yang tak kalah lengkap dari ambulans biasa. Ambulans ini juga cukup untuk menampung pasien dan dua petugas medis.

Otoritas Dubai meluncurkan ambulans mini ini tak lain untuk melakukan evakuasi terhadap korban kecelakaan yang kebetulan terjadi di medan off road, atau padang pasir.

Terobosan ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kematian di kalangan pebalap off road. Sebab, lambatnya penanganan pertama pada kecelakaan di jalur off road, karena ambulans yang tak mampu bergerak cepat.

"Ini adalah kendaraan paling aman berbasis ambulans off-road dan telah diuji secara luas oleh fasilitas pengujian independen (Transportation Research Center) dalam kondisi terisi penuh," kata juru bicara DCAS.

Sang jubir juga menyatakan bahwa mobil ini telah melakukan pengujian dengan melewati sebuah lereng dengan kemiringan mencapai 31 derajat.



4. Ambulans motor sport di Israel dan Inggris

LJ58 OFT London Ambulance Service RRS Honda ST1300 Pan European W7583

Ambulans nyentrik lainnya datang dari Yerussalem, Israel. Untuk mengatasi jalanan perkotaan yang macet, ditambah gang yang sempit, pemerintah setempat memilih ambulans sepeda motor menjadi solusi untuk melengkapi kurangnya armada mobil ambulans yang ada.

Hal ini penting karena selama ini, banyak warga dikecewakan dengan respons ambulans konvensional yang lama datang, padahal pasien sudah sangat membutuhkan bantuan medis.

Karena sifatnya yang lebih fleksibel di jalan macet, maka ambulans motor diklaim menjadi solusi.

Tak hanya di Yerussalem, di London, Inggris, ambulans seperti ini juga bisa dijumpai. Ambulans-ambulans ini akan bergerak cepat dan dapat memberikan pertolongan sementara di lokasi kecelakaan. Motor ini dilengkapi berbagai obat-obatan, dan peralatan medis darurat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya