VIDEO: Pintu Mobil Ini Bisa 'Menghilang'

Pintu rancangan rumah modifikasi Jatech.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Mercedes-Benz pernah membuat orang terkagum-kagum saat mereka meluncurkan 300 SL pada 1954 silam. Yang membuat mobil ini unik adalah model pintunya, di mana pintu akan terbuka ke arah atas, atau biasa disebut dengan sayap camar (gull-wing).

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Sejak itu, ada beberapa produsen mobil lain yang mencoba menghadirkan kendaraan dengan bukaan pintu yang tidak kalah unik. Di antaranya ada 'pintu gunting' ala Lamborghini dan 'sayap elang' milik sport utility vehicle (SUV) terbaru Tesla Motors, yaitu Tesla Model X.

Dilansir dari Drivespark, Rabu 30 September 2015, ada sebuah rumah modifikasi yang juga menyediakan model pintu mobil unik. Perusahaan bernama Jatech ini mengenalkan teknologi pintu mobil yang dapat memudahkan penumpangnya keluar masuk kabin.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Pintu rancangan Jatech ini diberi nama 'disappearing doors', atau pintu yang menghilang. Cara kerjanya mirip dengan pintu geser yang biasa dipasang pada mobil jenis multi purpose vehicle (MPV).

Perbedaannya adalah, pintu buatan Jatech ini akan digeser ke bagian bawah mobil, sehingga tampak seolah-olah menghilang. Proses buka tutup pintu bisa dilakukan baik secara manual maupun otomatis melalui tombol pada remote.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Sayangnya, meski Jatech mengklaim bahwa teknologi ini sangat aman, bahkan saat mobil mengalami kecelakaan, namun hingga saat ini belum ada satu pabrikan otomotif yang tertarik memakai teknologi tersebut.

Menurut kabar yang beredar, sistem pintu ini dianggap kurang aman, karena pintu yang rusak saat ditabrak kendaraan lain, kecil kemungkinan bisa bergeser ke bagian bawah mobil.

Anda bisa melihat videonya di bawah, atau klik tautan ini:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya