Niat Pamer Kekuatan, Mobil Perang AS Justru Terjebak Pasir

Ilustrasi Dua mobil Humvee milik militer Amerika Serikat terhisap pasir pantai
Sumber :
  • Carsbuzz

VIVA.co.id - Amerika Serikat memang dikenal tangguh dengan sejumlah armada perangnya. Tak heran, negara adi daya ini juga kerap menawarkan 'pertolongan' saat suatu negara dilanda perang saudara.

Beragam kegiatan militer pasukan Amerika, juga sering dilakukan untuk pamer kekuatan. Kendaraan-kendaraan militer mereka dikenal, karena kekuatan dan teknologi yang diusungnya.

Namun, seperti dilansir Carbuzz, siapa sangka, meski tergolong sangat canggih, armada perang AS ini juga beberapa kali justru 'memalukan'. Kehebatan teknologi kendaraan perang mereka takluk oleh alam.

Oshkosh Siapkan Kendaraan Pengganti Humvee

Hal itu terbukti, saat pasukan AS siap melakukan penyerangan di salah satu wilayah di kawasan Eropa. Dua kendaraan amfibi, hovercrafts mencapai bibir pantai dengan sejumlah pasukan berlarian untuk memberikan pertahanan.

Namun, apes, pasukan Amerika Serikat yang ingin menampilkan ketangguhan  kendaraan perangnya, Humvee, harus pupus. Sebab, mobil perang tersebut tak bisa bergerak karena keempat bannya justru terhisap pasir.

Beruntung, perang ini bukan sungguhan. Melainkan sebuah simulasi yang dilakukan militer AS, saat melakukan kegiatan Operatioan Trident Juncture.

Latihan militer yang menampilkan sejumlah kecanggihan dan teknologi tentara AS ini dilakukan di tiga negara, yakni Portugal, Spanyol, dan Italia.

Bisa dibayangkan, bagaimana jika terjadi perang sesungguhnya. Alih-alih ingin melakukan penyerangan, namun pada akhirnya pasukan Amerika justru diserang karena kondisi alam. (asp)

Kendaraan tempur baru militer Amerika Serikat

Tinggalkan Humvee, Ini Kendaraan Tempur Terbaru AS

Sebanyak 17 ribu kendaraan akan dibangun untuk Pentagon.

img_title
VIVA.co.id
31 Agustus 2015