VIDEO: Dalam Mobil Ini Anda Bisa Menyetir, Bekerja dan Tidur

Volvo Concept 26.
Sumber :
  • Dok: Volvo

VIVA.co.id - Kehadiran teknologi otonom di dunia otomotif masih tergolong baru dan belum matang. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan niat beberapa produsen mobil untuk terus mengembangkannya.

GIIAS 2016 Dimeriahkan dengan Dua Mobil Konsep Lexus

Dilansir dari Paultan, Kamis 19 November 2015, Volvo adalah salah satu contohnya. Pabrikan asal Swedia tersebut, baru-baru ini mengenalkan konsep baru dalam mengendarai mobil, yang diberi nama Volvo Concept 26.

Konsep ini berisi mengenai hal-hal lain yang bisa dilakukan pengemudi, saat berangkat dan pulang dari aktivitas mereka sehari-hari. Angka 26 memiliki arti waktu rata-rata yang dihabiskan warga Swedia untuk pulang pergi ke kantor.

VIDEO: Teaser Mobil Konsep Mitsubishi Penantang Avanza

Wakil Pemimpin Desainer Interior Volvo, Robin Page, mengatakan, apa yang dilakukan manusia di dalam mobil adalah fokus utama pengembangan mereka.

"Banyak hal yang bisa dilakukan pengemudi saat berada di jalan, mulai dari bekerja, beristirahat, atau sekedar santai menikmati musik. Ini yang coba kami hadirkan, tentunya dengan tingkat keamanan sesuai standar Volvo," ujar Robin.

Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016

Berbeda dengan konsep yang ditawarkan pabrikan lain, rancangan Volvo ini lebih mengutamakan apa yang bisa dilakukan oleh pengemudi.

Contohnya, saat tombol ditekan, maka jok akan mundur, setir akan mendekat ke dasbor, dan sebuah meja kecil muncul dari panel pintu. Posisi ini diklaim ideal untuk bekerja.

Jika memilih mode santai, jok akan mundur lebih jauh ke belakang dan sandaran kaki akan muncul dari bawah jok. Layar digital beserta panel pengaturnya akan bergeser mendekat ke arah pengemudi, agar mudah diraih.

Sayangnya, Volvo belum bisa mengatakan secara pasti, kapan teknologi ini resmi dihadirkan untuk dinikmati konsumen. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat videonya di bawah, atau klik tautan ini:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya