Mobil Murah Sejagat Juga Bisa Dipasang Teknologi Otonom

Tata Nano dipasangi teknologi otonom.
Sumber :
  • Zigwheels

VIVA.co.id – Sejumlah perusahaan mobil ternama, tengah sibuk mengembangkan mobil otonom, atau mobil tanpa sopir. Jika nanti mobil tersebut resmi dipasarkan, harga yang dibanderol pasti akan sangat mahal, karena banyak mengadopsi teknologi canggih.

Google Tak Mampu Sendirian Bikin Mobil Otonom

Kendati demikian, mahalnya harga mobil tanpa sopir ditepis seorang pria asal negeri Bollywood, India, bernama Roshy John.

Dilansir Autoevolution, Senin 29 Februari 2016, Roshy diketahui telah membuat sebuah mobil tanpa sopir, dengan menggunakan mobil paling murah sejagat, Tata Nano, sebagai basisnya.

VIDEO: Taksi Otonom Pertama di Dunia Debut di Singapura

Pria yang bekerja sabagai Kepala Tata Consultancy Service ini menyematkan beberapa sensor di bagian sisi mobil, yang berguna untuk mengetahui pergerakan benda-benda yang berada di sekeliling mobil.

Pengujian mobil ini juga dilakukan di kota-kota di India, yang cukup padat. Ini dilakukan untuk mengetahui, sejauh mana mobil bisa bergerak tanpa bantuan pengemudi.

Teknologi Mobil Otonom Masih Jauh dari Indonesia

Roshy juga mengklaim, meski sejumlah perusahaan mobil yang mengembangkan mobil otonom menggunakan transmisi otomatis, namun teknologi otonom juga bisa diterapkan pada mobil bertransmisi manual, seperti halnya Tata Nano.

Alhasil, kata Roshy, dengan penerapan pengetahuannya tersebut, harga mobil tanpa sopir bisa lebih murah.

Tak hanya itu, sistem yang dibuatnya itu, disebut-sebut dapat dibenamkan ke sejumlah kendaraan apapun, dengan waktu pengerjaan kurang dari satu jam. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya