Menyetir Mobil dengan Aman Bisa Dapat Kopi Gratis di Jepang

Aplikasi kopi rancangan Toyota.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id – Prefektur Aichi di Jepang menjadi wilayah yang paling banyak mengalami kecelakaan. Berdasarkan hasil riset Toyota, banyak pengemudi di kawasan tersebut yang mengoperasikan ponsel saat mengemudi.

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Akibatnya, konsentrasi mereka terpecah dan tidak bisa mengantisipasi bahaya yang muncul. Itu sebabnya, Toyota bekerja sama dengan perusahaan pembuat kopi Komeda mencari cara agar pengemudi bisa lebih aman berkendara.

Dilansir dari Autoblog, Rabu, 21 September 2016, baru-baru ini Toyota dan Komeda meluncurkan aplikasi yang dapat diunduh ke ponsel. Aplikasi ini dirancang agar pengemudi tidak mengoperasikan ponsel selama melakukan perjalanan.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Sebelum memulai perjalanan, pengemudi harus membuka aplikasi tersebut. Akan muncul gambar kopi beserta alat peraciknya. Setiap mencapai jarak 100 kilometer (km), cangkir akan terisi penuh dan pengemudi bisa menukarkannya dengan kopi gratis di kedai Komeda terdekat.

Jarak 100 km hanya berlaku saat pengemudi memakai aplikasi ini pertama kali saja. Untuk bisa mendapat kopi gratis selanjutnya, jarak yang harus ditempuh adalah 200 km.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Untuk memantau kecurangan, aplikasi memakai sensor gyroscope yang ada di ponsel. Selama perjalanan, ponsel juga harus diletakkan pada alat pemegang khusus dalam posisi terbalik.

Konsep mendapat hadiah jika mampu menjalankan kendaraan tanpa mengutak-atik ponsel sebenarnya sudah banyak dikampanyekan. Namun, kopi dianggap menjadi motivasi yang paling tepat, karena banyak pengemudi yang menggemari minuman tersebut.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya