Daihatsu Sigra Mirip Mobil Patwal, Asli atau Palsu?

Daihatsu Sigra versi Patwal.
Sumber :
  • Facebook Calsic

VIVA – Sebagai kendaraan untuk patroli dan pengawalan, mobil Patwal umumnya memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni.

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Itu sebabnya, mobil Patwal di Indonesia didominasi oleh jenis sedan. Ada beberapa yang jenisnya sport utility vehicle (SUV), namun jumlahnya tidak banyak. Mesin yang digunakan umumnya berkapasitas di atas 1.500 cc.

Lalu, apa jadinya jika sebuah mobil low cost green car (LCGC) dijadikan sebagai kendaraan Patwal? Apakah ini hanya sekadar modifikasi atau benar-benar mobil yang dipakai petugas untuk patroli?

Terpopuler: Mecides Raja Plagiat Mobil, Bayar Pajak 5 Tahunan Cuma 15 Menit

Foto Daihatsu Sigra dengan grafis polisi beredar di grup Facebook komunitas Calya Sigra (Calsic). Menurut beberapa komentar yang masuk, disebutkan bahwa mobil tersebut benar-benar milik Polri.

Bahkan, ada anggota komunitas yang mengaku sering melihat mobil tersebut melintas di kawasan Bogor, Jawa Barat. Sigra versi Patwal itu biasanya melintas sekitar pukul 18.00 hingga 20.00 WIB.

Kapolri Perintahkan Rotator di Mobil Polisi Ditutup Kaca Film, Ini Alasannya

Beberapa faktor yang menunjukkan bahwa mobil itu adalah kendaraan resmi Polri yakni pelat nomor yang digunakan, lampu rotator, dan kode pada kaca mobil.

Kecil kemungkinan mobil itu hasil modifikasi. Sebab, warga dilarang mengubah mobil pribadi mereka agar terlihat seperti kendaraan resmi petugas penegak hukum.

Bahkan, beberapa waktu lalu polisi gencar melakukan razia kepada semua kendaraan yang dilengkapi dengan lampu rotator dan strobo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya