Kubu Prabowo Janji Rampungkan Aturan Turunan UU Disabilitas

Hashim Djojohadikusumo
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, menyebut kalangan disabilitas juga menjadi salah satu yang disorot pihaknya jika Prabowo Subianto menjadi presiden nanti. Apalagi pada 2016 Fraksi Gerindra juga mendorong Rancangan Undang Undang tentang Disabilitas.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

"Saya dengan bangga saya sampaikan pada bulan April 2016 RUU tersebut diundangkan," kata Hashim di Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Jumat 16 November 2018.

Namun, UU Disabilitas yang terbit itu kemudian mengalami kendala. Hal itu karena pemerintah saat ini belum merampungkan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) sebagai aturan turunan dari UU itu.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Sayangnya hari ini dua tahun setelah pertemuan dengan Mensos belum ada juklak dan juknis," ujar Hashim.

Karena itu dia menjanjikan jika Prabowo dan Sandiaga Uno memegang kekuasaan kelak, mereka akan merampungkan juklak dan juknis itu. Sehingga UU Disabilitas bisa berlaku dengan efektif.

Pertama Kalinya 2 Penyandang Disabilitas dari 195 Siswa Lolos Seleksi SIPSS Polri 2024

"Kalau kami nanti di eksekutif saya bisa berjanji. Saya bisa janjikan juklak dan juknis bisa terlaksana dalam waktu singkat," kata Hashim.

Ilustrasi penyandang disabilitas berwirausaha.

Keuangan Semakin Inklusif Untuk Penyandang Disabilitas

OJK terus berusaha meningkatkan pengetahuan keuangan bagi penyandang disabilitas melalui kegiatan affirmative action dan pendidikan menarik bagi penyandang disabilitas.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024