Survei Etos: Elektabilitas PDIP dan Gerindra Tertinggi

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Etos Institute Indonesia melakukan survei terhadap elektabilitas parpol di enam kota besar yang ada di Indonesia.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Hasil survei menyebutkan, sisi elektabilitas Partai PDIP berada di urutan pertama 21,2 persen, Gerindra 19,8 persen, Golkar 16,1 persen. 

Demokrat 14,9 persen, PKB 6,7 persen, NasDem 3,1 persen, PAN 2,9 persen, Perindo 2,6 persen. 

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Lalu, PKS 2,3 persen, PPP 2,1 persen, Berkarya 1,9 persen, PSI 1,7 persen, Hanura 1,6 persen, PBB 1,4 persen, PKPI 1,1 persen dan Garuda 0,4 persen.

Direktur Infokom ETOS Institute, Rahmat Shaleh mengatakan dengan ambang batas parliamentary threshold saat ini sebesar empat persen maka hanya lima partai yang akan lolos yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, PKB dan Demokrat. 

Survei EPI Center: Partai Gerindra Kalahkan PDIP, PSI Pendatang Baru di Senayan

"Maka amat mungkin muncul partai lain yang juga lolos dari ambang batas parlemen," ucap Rahmat di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin, 17 Desember 2018.

Survei tersebut dilakukan Etos Institut terhadap masyarakat dari lima kota besar di Indonesia yaitu Semarang, Jakarta, Makasar, Surabaya, dan Bandung.

Survei dilakukan kepada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, yaitu umur 17 tahun ke atas, yang dilakukan menggunakan kuisioner sejak 1-15 Desember 2018. Responden diambil secara acak menggunakan multi stage random sampling.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya