Fadli Zon Janji Buka-bukaan soal Rekapitulasi Kubunya

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional atau BPN Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon berjanji akan membuka data rekapitulasi real count Pemilu yang dilakukan koalisinya. Ia mengaku pusat rekapitulasi itu, memang ada di beberapa tempat.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Ya pasti dong pada waktunya. Nanti dong. Kan, masih penghitungan. Pada waktunya, ada yang bertugas untuk itu. Ada di beberapa tempat," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Senin 22 April 2019. 

Berbicara soal hitung cepat, ia pun mengkritik lembaga survei yang dituduhnya terafiliasi dengan pasangan calon (paslon) tertentu. Paslon tuding Fadli, telah menjadi klien lembaga survei.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

"Karena mereka berimpit sebagai lembaga survei, sekaligus juga konsultan politik. Jadi, mereka melacur sebenarnya. Karena, mereka tak declare. Harusnya declare sejak awal bahwa terafiliasi dengan paslon A atau B. Dibayar sekian. Jadi harus jelas," kata Politikus Gerindra ini.

Ia menambahkan, kalau metode survei atau quick count sangat bisa diperdebatkan. Namun, penyelenggara negara harus benar-benar netral.

Pengamat Sebut Anies Politisasi Korban Tewas Pemilu 2019 untuk Kampanye

"Mereka sejak awal konsultan politik," kata Fadli lagi soal lembaga-lembaga yang mengeluarkan hasil hitung cepat. (asp)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024