Tes Kesehatan Capres-Cawapres Digelar Terpisah, KPU Beberkan Teknisnya

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Hasyim Asy’ari mengatakan, usai penyerahan dokumen administrasi, pihaknya akan melakukan tes kesehatan terhadap para pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres). Hal itu ditegaskannya sebagai bagian dari tahapan registrasi dalam proses pencalonan masing-masing pasangan capres-cawapres untuk Pilpres Februari 2024.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

"Pemeriksaannya mulai dari pagi. Karena kan harus ada ngambil air seni, ambil darah, itu juga ada prosedur harus puasa dengan durasi sekian waktu," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023.

Partai yang dukung bacapres Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA
KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

"Puasanya itu puasa makan, tapi tidak puasa minum, dan ada durasinya," ujarnya.

Dia menambahkan, pemeriksaan yang mewajibkan pasangan calon berpuasa sudah diatur oleh tim dokter dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Mereka akan bertindak sebagai pihak yang diberi kewenangan, untuk memeriksa para kandidat pasangan calon. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

“Jadi mulai puasanya jam berapa hingga jam sekian, itu sudah diperhitungkan dengan tim pemeriksa di RSPAD," kata Hasyim.

Dia memastikan, KPU RI tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan hasil dari pemeriksaan kesehatan. Artinya, jika tim dokter memerlukan pemeriksaan ulang, maka ketentuan tersebut akan diminta langsung oleh tim dokter RSPAD.

“Yang akan menentukan pemeriksan itu hasilnya bagaimana, perlu diulang apa enggak dalam kondisi tertentu, otoritasnya di tim pemeriksa kesehatan. KPU tidak mempunyai kompetensi untuk menentukan. Yang punya kompetensi itu adalah tim pemeriksaan RSPAD," ujarnya.

Diketahui, pada hari ini terdapat dua pasangan calon yang menyerahkan dokumen administrasi, yaitu pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Keduanya akan diperiksa aspek kesehatannya, dalam waktu yang terpisah. Terhadap pasangan Anies-Muhaimin, pemeriksaan akan dilangsungkan pada tanggal 21 Oktober 2023. Kemudian untuk pasangan Ganjar-Mahfud, KPU RI menjadwalkan pemeriksaan kesehatan pada keesokan harinya atau 22 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya