ILUNI UI dan NETGRIT Ajak Warga Kawal Pemilu Lewat Aplikasi JagaSuara 2024

Direktur Eksekutif NETGRIT Hadar Nafis Gumay dan Ketua ILUNI UI Didit Ratam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama (Depok)

Depok – Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Didit Ratam mengajak Alumni UI dan masyarakat mengawal transparansi proses rekapitulasi suara pada Pemilu 2024. Pengawalan dilakukan melalui aplikasi JagaSuara 2024 yang dikembangkan oleh Network for Democracy and Electoral Integrity (NETGRIT) bersama koalisi masyarakat sipil.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Didit mengajak seluruh Alumni UI dan masyarakat untuk bersama-sama mengawal kualitas demokrasi di Indonesia.

“Kita sebagai bagian dari masyarakat menjadi pemegang kedaulatan tertinggi. Untuk itu, kami mengajak Alumni UI dan masyarakat mengawal suara di TPS terdekat untuk kita rekapitulasi bersama melalui aplikasi JagaSuara 2024 yang telah dikembangkan oleh NETGRIT yang melibatkan sejumlah Alumni UI. Demokrasi yang maju membangun ruang yang luas terhadap inklusivitas,” kata Didit, Jumat (16/1/2024).

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pilpres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dikatakan, sebagai organisasi ILUNI UI dan NETGRIT independen dan imparsial pada Pemilu 2024. Dia meyakini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

“Selain untuk menjaga kualitas demokrasi yang sehat, upaya kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi politik yang mencerdaskan bangsa. Pada kegiatan sebelumnya, ILUNI UI juga mendorong inisiatif penggunaan Artificial Intelligent (AI) yang dikembangkan oleh Sabrang MDP (Noe Letto) pada platform chatbot pemimpintar.com yang menfasilitasi ruang diskusi antara pemilih dan kontestan,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal ILUNI UI Ahmad Fitrianto kembali menegaskan, selayaknya para peserta pemilu dan pemangku kepentingan memberikan garansi kepada masyarakat untuk mengawal kemurnian suara pada Pemilu 2024 yang luber dan jurdil sebagai mandat konstitusi, sehingga menciptakan ruang politik yang sehat.

“Kita juga mengajak rekan-rekan Alumni UI yang berada di paslon capres, para timses yang ada di sana untuk sama-sama punya komitmen Ruang Politik Sehat. Kita semua dan beberapa caleg yang hadir sudah menandatangani komitmen alumni UI menghadirkan ruang politik sehat di Pemilu 2024,” tutur Ahmad.

Direktur Eksekutif NETGRIT Hadar Nafis Gumay mengatakan, sangat penting bagi masyarakat untuk mengawal dan menjaga suara agar tetap murni dari pemungutan suara hingga rekapitulasi nasional. Menurutnya, yang juga harus diperhatikan adalah menjangkau seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai langkah check and balance yang dikerjakan secara resmi oleh penyelenggara pemilu.

Pembuatan TPS Bernuansa Rumah Adat di Pilkada Depok

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

“Dengan cara itu kita berperan untuk menjaga proses rekapitulasi penghitungan suara adalah proses yang jujur dan berintegritas. Dan akhirnya kita berharap pemilu kita adalah pemilu yang bermartabat,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, perwakilan dari tim IT dari JagaSuara 2024 Reza Lesmana menjelaskan secara garis besar sistem kerja rekapitulasi suara gotong royong (crowd-sourcing), sumber data yang diambil dari formulir penghitungan suara TPS (formulir C-hasil), jalur entri data, proses verifikasi, dan publikasi. Sehingga data yang ditampilkan ke publik telah melalui proses verifikasi dan validasi. Saat ini aplikasi ini dapat dipergunakan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, serta pemilihan anggota DPR RI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya