- VIVA.co.id/ Anwar Sadat.
VIVA - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, memanfaatkan media sosialnya sebagai sarana berkampanye. Seperti pada Kamis petang, 18 Oktober 2018, Sandiaga melakukan live streaming via akun Instagram dan Facebook pribadinya. Dalam siaran langsung tersebut Sandiaga menerima pertanyaan warganet dan menjawabnya secara langsung.
Sandiaga mengatakan apa yang dilakukannya ini merupakan sebuah inovasi berkampanye. Menurutnya, kini kampanye tidak selalu harus mengumpulkan orang dengan banyak di satu titik kemudian berorasi.
"Kami tidak lagi dalam bentuk yang biasa dilihat oleh elektoral ya, oleh masyarakat yang mengumpulkan massa di satu titik. Tapi justru sudah menggunakan teknologi dan digital, kita reach out ke masyarakat dengan pesan-pesan yang betul-betul mereka tanya," kata Sandiaga di Media Center Prabowo-Sandi Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Sandi mengatakan selama melakukan siaran langsung warganet bebas bertanya apa saja kepadanya. Baik itu hal yang serius yang menyangkut politik dan ekonomi, atau bisa saja hal yang bersifat menghibur.
"Kan mereka sampaikan pertanyaan mulai dari politik ekonomi sampai yang remeh temeh, gitu loh, yang lucu-lucu. Jadi kita biasakan sekarang menyapa netizen sekalian. Kami juga punya Rabu Biru ya, Rabu Bincang Seru. Itu juga bagian dari inovasi kampanye kami," ujarnya.
Menurut Sandi, kampanye dengan menggunakan media sosial dapat menghemat biaya kampanye. Selain itu, apa yang disampaikan juga hal yabg langsung menjadi keluhan dan pertanyaan di masyarakat.
"Kami ingin ke depan kampanye bisa lebih mencerahkan, mencerdaskan, menggerakkan, dan juga menggembirakan. Jadi ada yang fun. Kayak tadi ada yang nanya kok buat gimmick-gimmick yang bikin lucu, ya itu kan kami bagian dariĀ entertainment, bagian dari proses yang menggembirakan masyarakat," tuturnya. (ase)