Sandiaga Pertanyakan Kucuran Dana Kelurahan di Tahun Politik

Calon wakil presiden Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik rencana kebijakan dana kelurahan yang dikucurkan pemerintah. Menurutnya, itu akan baik jika memang niatnya ingin membantu masyarakat.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

"Apa pun program, kan, semuanya diawali dengan niat kalau niatnya itu untuk membantu masyarakat, terlepas timing-nya (waktunya) kapan, ya, itu tentunya harus kita apresiasi," kata Sandiaga Jakarta pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Namun munculnya dana kelurahan menjadi polemik karena menjelang tahun politik. Sebagian publik mencurigai itu upaya pemerintah untuk menarik simpati para aparat kelurahan, terutama karena memang menjelang pemilu tahun 2019.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Tetapi Sandiaga menyerahkan sepenuhnya penilaian itu kepada masyarakat. Khalayak dapat memperkirakan sendiri adakah kepentingan politis di balik itu. “Apakah ini ada udang di balik batu atau apakah ini sebuah program yang dicanangkan sebelumnya," ujarnya.

Masyarakat Indonesia, katanya, telah matang dalam berdemokrasi dan dewasa berpolitik. Dia meyakini publik mampu menilai dengan baik bantuan dana kelurahan yang dikucurkan Presiden Joko Widodo di tahun politik.

Musra dan Pesan Perlawanan Presiden Jokowi

Ia pun mencontohkan kala musim Pilgub DKI pada 2017, saat ada kasus pembagian sembako dari salah satu pasangan calon. Namun cara itu tidak lagi ampuh meraih suara karena rakyat akan memberikan pilihan sesuai hati nurani dan penilaian mereka.

Pada prinsipnya, Sandiaga menolak mengkritik kebijakan pemerintah yang memang niatnya sedari awal untuk membantu masyarakat.

Pembangunan di IKN (FOTO/ANTARA)

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024