Ma'ruf Amin Dilaporkan ke Bawaslu

Calon Wakil Presiden Maruf Amin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin di laporkan ke Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu. Laporan dilakukan oleh advokat 08, atas pernyataan Ma'ruf Amin yang dianggap menyakiti tunanetra atau buta dan tunarungu atau tuli.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Melakukan protes keras terhadap KH. Ma’ruf Amin, atas pernyataan politiknya selaku cawapres, yang menyatakan bahwa pihak-pihak yang kerap mengkritik kinerja Presiden Jokowi sebagai orang-orang budek (tuli) dan buta," kata pelapor, Bonny Syahrizal di Gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu 14 November 2018.

Pernyataan Ma'ruf tersebut, disampaikannya pada acara Peresmian Posko dan Deklarasi Relawan Barisan Nusantara (Barnus) di kawasan Cempaka Putih Timur, Jakarta, pekan lalu.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Menurutnya, pernyataan Ma’ruf Amin tersebut telah menimbulkan banyak kritikan dan protes keras. Selain berasal dari para penyandang disabilitas itu sendiri, yang keberadaannya dilindungi oleh Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Kami melihat, Ma'ruf Amin telah melakukan penghinaan terhadap golongan masyarakat penyandang disabilitas, melakukan penghasutan terhadap perseorangan ataupun masyarakat, serta mengganggu ketertiban umum," ujarnya.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Dan, telah melanggar Undang-undang Pemilu. Dalam hal ini pasal 280 ayat (1) butir (c) butir (d) dan butir (e) junto pasal 521 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. (asp)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024