Tren Jelang Pilpres 2019: Timses Paslon Saling Lapor

Komisioner Bawaslu, Mochammad Afifuddin
Sumber :
  • Ridho Permana

VIVA – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Mochammad Afifuddin menyebut pada masa Pemilu 2019, yang marak ditemukan pihaknya adalah saling lapor yang dilakukan dua tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Sekarang ini tim sukses saling lapor di kami," kata dia di Ecopark, Ancol, Jakarta, Sabtu 17 November 2018.

Terkait adanya laporan-laporan yang masuk itu, kata dia, tentu pihaknya harus berhati-hati dalam menindaklanjutinya. Bawaslu ditegaskan tidak bisa sembarangan dalam merespons laporan yang ada.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

"Tentu kami akan sangat hati-hati. Semua laporan maupun temuan yang sifatnya dari jajaran kami adalah temuan yang sifatnya dari masyarakat adalah laporan," ucapnya.

Dia menjelaskan, jika pihaknya tidak berhati-hati dalam penanganan tersebut, tentu nanti bisa dinilai berat sebelah. Ia menegaskan pihaknya akan melakukan sesuai Undang-undang.

Pengamat Sebut Anies Politisasi Korban Tewas Pemilu 2019 untuk Kampanye

"Jadi kami memastikan bahwa pencegahan penindakan dan juga pengawasan kita dalam rangka sesuai dengan yang diatur UU," ujarnya lagi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024