Khofifah Siapkan Jaringan Bu Nyai untuk Menangkan Jokowi

Deklarasi Jaringan Kyai-Santri Nasional Jawa Tengah di Kota Semarang, Minggu, 18 November 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Dewan Pengarah Jaringan Kyai-Santri Nasional (JKSN) untuk pemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Khofifah Indar Parawansa, menargetkan membentuk jaringannya di sepuluh provinsi di Indonesia. Setelah deklarasi di Jawa Barat, JKSN dibentuk di Jawa Tengah.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Deklarasi JKSN Jawa Tengah berlangsung di Kota Semarang, Minggu, 18 November 2018. Acara dihadiri langsung Khofifah serta Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir. Hadir juga seluruh pengurus JKSN asal berbagai daerah di Jawa Tengah serta kalangan santri hingga ulama.

Khofifah menyebut JKSN penting artinya sebagai jaringan konkret pemenangan Jokowi-Ma'ruf. Jaringan itu banyak menggaet ibu-ibu ustazah atau bu nyai dari seluruh pelosok Jawa Tengah.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

"Yang kita datangkan ini adalah penggerak yakni para bu nyai dari kabupaten/kota di Jateng. Semuanya hadir, mereka yang bisa jadi influencer dan speaker untuk memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," kata Khofifah.

Menurut dia, para bu nyai alias ustazah itu selama ini kerap aktif dalam berbagai kesempatan di masyarakat. Seperti halnya saat peringatan hari besar Islam, mereka banyak membawahi komunitas serta menjadi tempat referensi komunitas masyarakat khususnya kalangan ibu-ibu.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

Tak hanya deklarasi, gubernur terpilih Jawa Timur yang juga Ketua Muslimat NU itu turut memberikan penguatan kepada jaringan para bu nyai itu. Harapannya, makin banyak JKSN yang terbentuk, mereka bisa membidik kalangan pemilih mengambang untuk memenangkan calonnya.

"Mereka butuh penguatan pilihan kenapa memilih Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf dan menyampaikan kesuksesannya. Mereka bisa menjawab dari berbagai black campaign, negative campaign, hoax yang selalu berseliweran," ujarnya.

Untuk itu, kata Khofifah, para pedakwah perempuan itu akan terus dilatih dan diberikan kemampuan menjawab tantangan yang ada. Mereka akan terus diperkuat dengan informasi yang lebih mutakhir.

Menurut Ketua Umum JKSN, Roziqi, keberadaan JKSN di Jawa Tengah diharapkan bisa makin memperkuat mesin pemenangan pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf baik di tingkat nasional maupun daerah. 

"JKSN adalah jaringan kiai santri yang akan melanjutkan pejuangan para ulama serta membawa bangsa ini menjadi berjaya. JKSN akan bergerak memenangkan bapak Jokowi-Ma'ruf sebagai perpaduan nasionalis-religius," katanya. 

Tak hanya di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, ia menyebut jika JKSN juga kini dibentuk di luar negeri seperti Malaysia, Hong Kong, Mesir hingga Maroko. 

"Apalagi Bu Khofifah sendiri punya jaringan muslimat sekitar 20 jutaan. Belum lagi Fatayat sekitar 12 jutaan. Jadi target kita sekitar 30-40 juta yang bisa digaet," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya