Curiga 31 Juta DPT Siluman, Tim Prabowo Siap Pelototi Setiap TPS

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (tengah), Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal (kanan), dan Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso (kiri) yang tergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Sandi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno kembali menyampaikan kritik soal isu penambahan 31 juta daftar pemilih tetap (DPT). Penambahan DPT yang disodorkan Kementerian Dalam Negeri ke Komisi Pemilihan Umum ini dinilai sebagai data siluman.

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso menekankan, sebelumnya KPU melalui rapat pleno sudah menetapkan jumlah DPT Pemilu 2019 sebanyak 185 juta pemilih.

"Penambahan DPT sebanyak 31 juta ini harus kita pertanyakan. Karena sebelumnya KPU sudah menetapkan jumlah DPT," kata Priyo kepada wartawan, Sabtu, 8 Desember 2018.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

Menurut Priyo, penambahan jumlah DPT yang disodorkan Kemendagri memang menimbulkan pertanyaan. Sebab, penambahan DPT itu tak melalui mekanisme sinkronisasi daftar penduduk potensial pemilihan atau DP4. Hal ini pun memantik perdebatan.

"Data 31 juta itu berpotensi kecurangan, dapat dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini bisa menjadi suara siluman yang dapat merugikan," tuturnya.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

Priyo meminta, agar selain BPN, tim relawan juga dapat mengawasi potensi kecurangan dari penambahan DPT tersebut. "Bila perlu dipelototi, awasi di setiap TPS-TPS," jelasnya. (ase)

Baca: Koalisi Prabowo Curiga 31 Juta Data Baru 'Diselundupkan' Kemendagri

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Bahlil Yakin Jokowi Mau Bertemu dengan Megawati: Tidak Perlu Grasah Grusuh

Bahlil mengomentari wacana pertemuan antara Jokowi dan Megawati pasca Pilpres 2024. Dia optimis dua tokoh itu lambat laun bakal bertemu.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024