KPU: Tinggal Kabupaten Manggarai yang Belum Tetapkan DPT

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (kiri) berdiskusi dengan Komisioner KPU Viryan (kanan) saat memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) 2 di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mempersiapkan penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP-2). Dari hasil perbaikan tersebut, hanya Kabupaten Manggarai yang belum menetapkan DPT.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Sampai malam ini tinggal Kabupaten Manggarai, NTT, yang belum menetapkan DPT," ujar komisioner KPU RI Viryan Aziz di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Desember 2018.

Viryan mengatakan, Kabupaten Manggarai sedang melakukan verifikasi atas 22 ribu data pemilih yang direkomendasikan Bawaslu. Menurut dia, verifikasi ini dilakukan dengan cara pencocokan dan penelitian (coklit).

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Namun, ia mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, verifikasi ini sudah selesai dilakukan. Ditargetkan penetapan ini akan dilakukan besok.

"Ini sudah rampung tadi sore, tinggal rapat plenonya, paling lambat besok sudah selesai semua," katanya.

Pengamat Sebut Anies Politisasi Korban Tewas Pemilu 2019 untuk Kampanye

Selain Kabupaten Manggarai, sebelumnya ada dua daerah lainnya yang belum melakukan penetapan DPT yaitu Kabupaten Kupang dan Kota Semarang. Namun, saat ini Kabupaten Kupang dan Kota Semarang telah selesai melakukan penetapan DPT. Sedangkan penetapan DPTHP-2 dijadwalkan dilakukan pada 15 Desember.

"Sudah Kupang dan Semarang, Semarang tadi malam sesuai dengan Provinsi Jateng," ujar Viryan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024