Bawaslu Dalami Dugaan Kampanye Salam 2 Jari Anies di Rakernas Gerindra

Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA – Garda Nasional untuk Rakyat melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu RI. Salam dua jari yang dilakukannya di Rakernas Gerindra di Bogor beberapa waktu lalu dianggap mengandung unsur kampanye. 

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri mengakui, laporan tersebut sudah masuk ke Bawaslu pusat saat ini. Namun, karena terlapor berada di bawah pengawasannya, pendalaman akan kasus ini akan dilakukan. 

"Kami mau dalami dulu apakah ini kampanye atau tidak. Karena ini kejadian di Jawa Barat, kami koordinasi dulu, apa-apa yang dilibatkan (Di rakernas tersebut)," ujar Jufri di acara Apa Kabar Indonesia Pagi, tvOne, Rabu 19 Desember 2018. 

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Berdasarkan pemantauan awal dia menyebutkan, kegiatan Anies di acara tersebut tidak mengandung unsur kampanye. Namun, laporan ini masih akan didalami lebih lanjut. 

Salah satu pendalaman yang akan dilakukan lanjutnya, adalah melihat secara penuh rekaman video dalam acara tersebut. Klarifikasi pun akan dilakukan kepada pihak terlapor. 

Sinyal PKB Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

"Kalau dilihat dari tayangan, saya tidak melihat ada kata-kata pak gubernur menyampaikan visi-misi. Kami juga telah cek (Status Anies) dan tidak jadi bagian tim kampanye. Maka tidak ikut cuti," tambahnya. 

"Salam dua jari ini, nah kita harus dalami dulu," tegasnya. (ren)

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Prabowo pernah menyatakan bahwa PKB akan hadir kembali setelah hengkang dari koalisi. Kala itu Prabowo meyakini dan bersikap tenang bahwa ‘PKB akan hadir kembali’.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024