KPU Targetkan Debat Perdana Pilpres 17 Januari 2019

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, digelar pada 17 Januari 2019. Menurut Ketua KPU Arief Budiman, KPU akan berembuk dengan tim sukses dari masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden supaya debat perdana digelar pada tanggal itu.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

"Setidaknya kita harus menyepakati persiapan-persiapan yang harus dilakukan untuk debat yang pertama pada tanggal 17 Januari 2019," ujar Arief di kantor KPU, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Desember 2018.

KPU dan timses kedua paslon saat ini masih menggelar rapat persiapan debat tersebut. Arief menyampaikan, KPU dan timses juga akan membahas pola pelaksanaan seluruh debat yang direncanakan digelar lima kali.

Usai Sidang Perdana Sengketa Pemilu Kubu Amin, Ketua KPU Bilang Begini

Pola itu seperti debat antarcapres saja pada pelaksanaan yang pertama, debat antarcawapres pada pelaksanaan yang kedua, dan debat antarcapres-cawapres pada pelaksanaan sisanya.

"Hari ini kita bahas semua, nanti kita putuskan," ujar Arief.

KPU Terbukti Langgar Rekapitulasi Hasil Pemilu di Dapil Jatim VI

Selain itu, aspek-aspek teknis lain debat akan dibahas. Aspek itu misalnya lokasi debat yang diusulkan digelar di Jakarta dan Surabaya, pembagian 14 tema debat supaya tersebar baik pada lima kali pelaksanaan, hingga pemilihan panelis.

"Setidaknya untuk hari ini, persiapan untuk pelaksanaan debat perdana pada tanggal 17 Januari harus sudah selesai. Karena kalau tidak, akan lama lagi nanti," ujar Arief. (art)

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Sidang Perselisihan Pilpres 2024

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Tim hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, tidak terima jika gugatan pihaknya terkait sengketa Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi atau MK disebut salah alamat oleh KPU

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024