Debat Pilpres 2019 Digelar 5 Kali

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA - Debat capres-cawapres di Pilpres 2019 akan digelar sebanyak lima kali, mulai Januari hingga pemungutan suara pada April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arief Budiman, debat secara berturut-turut digelar pada 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret, dan debat kelima yang masih akan ditentukan tanggalnya.

"Kita sudah menyepakati jadwal debat seperti itu," ujar Arief usai rapat bersama tim sukses kedua pasangan calon di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Desember 2018.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Adapun, susunannya adalah debat pasangan calon pada penyelenggaraan pertama, debat capres pada penyelenggaraan kedua, debat cawapres pada penyelenggaraan ketiga, debat capres pada penyelenggaraan keempat, dan debat pasangan calon lagi pada penyelenggaraan terakhir. Arief menyampaikan lokasi penyelenggaraan debat seluruhnya juga hanya di Jakarta.

"Tempat sudah disepakati. Debat hanya akan dilaksanakan di Jakarta," ujar Arief.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Selain itu, topik debat juga telah ditentukan. Debat pertama akan membahas hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, dan terorisme. Debat kedua membahas energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Debat ketiga membahas pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Debat keempat membahas ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Debat terakhir, membahas ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Sebelum debat perdana, ada juga kegiatan awalan berupa pemaparan visi dan misi oleh masing-masing timses pada 9 Januari 2019. "Jadi mereka dulu (timses) yang akan memaparkan visi dan misi." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya