Debat Capres, KPU Minta Timses Jokowi dan Prabowo Tak Bawa Atribut

Pekerja menyiapkan panggung untuk debat pertama capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta pendukung dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tidak membawa atribut apa pun ke arena debat perdana, Kamis malam, 17 Januari 2019. Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik mengatakan pihaknya sudah menyiapkan atribut yang tidak terkait partai.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Kita sudah menyiapkan atribut berupa kipas ya, bisa digunakan ketika memberikan applause," kata Evi di lokasi debat.

Evi menambahkan, atribut tersebut akan dibagikan kepada tamu undangan di arena. Kemudian, atribut itu dibagikan ke pendukung kedua pasangan yang menonton di luar arena debat.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Bagi para undangan maupun peserta yang hadir itu supaya enggak membawa atribut yang lain, di luar yang kita siapkan," tutur Evi.

Kemudian, Evi meminta pendukung dua pasangan calon bisa memanfaatkan ruang nonton bareng di belakang Hotel Bidakara dengan tertib. Ia mengingatkan agar tidak saling mengejek yang bisa memicu pertengkaran.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Kami berharap tentu menyaksikan debat ini dengan tertib dan tak saling melemparkan berbagai semacam ejekan. Mudah-mudahan enggak ada tindakan yang memancing," ujar Evi.

Selain itu, Evi berharap kepada dua pasangan capres dan cawapres memberikan yang terbaik dalam debat perdana kali ini. Dua pasangan calon harus bisa memberikan informasi terkait visi misi dan menjadi referensi bagi pemilih.

"Ini juga bagian dari edukasi kita melalui debat ini sehingga kita bisa dewasa dalam berkampanye dan berpolitik," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya