Ma'ruf Amin Belum Bisa Dongkrak Jokowi, TKN Bikin Strategi Khusus

Cawapres nomor urut 01, Maruf Amin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yudha Prasetya

VIVA – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate merespons survei Charta Politika. Dalam survei itu, Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden belum mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Johnny mengungkapkan strateginya tanpa menampik hasil survei Charta Politika.

"Pasti ada strateginya, kita kan punya strategi berjenjang, tiga bulan sudah kita lakukan dalam penetrasi makro, kampanye makro, sekarang kita masuk pentahapan kampanye mikro," kata Johnny di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Johnny menjelaskan, dengan kampanye ini bisa mempromosikan figur Ma'ruf. Daerah yang dikunjungi Ma'ruf juga menyesuaikan dengan figur ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif itu.

"Kampanye mikro targetnya mikro, Kiai Ma'ruf akan lebih banyak mengunjungi wilayah-wilayah yang didesain untuk porsi Kiai Ma'ruf," ujar Johnny yang juga sekretaris jenderal Partai Nasdem itu.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Ia menjelaskan, kampanye mikro maksudnya berdialog langsung dengan masyarakat dan menjawab semua pertanyaan spesifik terkait kasus di daerah. Ia yakin hal itu pasti berpengaruh terhadap elektabilitas.

"Beberapa wilayah yang menurut analisa kami perlu menjadi perhatian dengan masalah yang spesifik di wilayah itu, jadi tak bersifat umum. Misalnya kalau ke Banten substansi apa yang dibicarakan di Banten," kata Johnny.

Baca: Ma'ruf Amin Belum Mampu Dongkrak Elektabilitas Jokowi

Ia mengatakan, dalam kampanye mikro, timnya membagi wilayah yang akan didatangi Ma'ruf selama tiga bulan ke depan. Di antaranya ada wilayah defensif yang tak ada swing voters dan wilayah ofensif yang masih ada swing dan undecided voters.

"Jadi, dia enclave (daerah kantong) politiknya lebih jelas, itu yang akan kami lakukan canvasing politik. Tidak saja wilayahnya tapi juga isu-isunya," kata Johnny. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya