Sampaikan Visi Misi, Jokowi Tawarkan Masa Depan Indonesia Berkeadilan

Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) -Ma'ruf Amin (kiri) tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Calon presiden Joko Widodo menyampaikan visi misi bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin, dengan tajuk 'Indonesia Maju'. 

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

"Kami menawarkan optimisme dan masa depan Indonesia yang berkeadilan," kata Jokowi mengawali visi misinya dalam  debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.

Jokowi melanjutkan, menuju negara maju dan demokratis diawali dengan komitmen penegakan hukum. Semua warga negara mempunyai hak yang sama. Seperti akses terhadap lahan, pendidikan, kesehatan dan akses permodalan.

Buka Bersama, Sekjen Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Harap Makin Solid

"Semakin maju, semakin demokratis, dan modern sebuah negara maka penegakan hukum dan HAM akan semakin baik. Bukan hanya hak sipil dan hak politik yang penting tetapi pemenuhan hak ekonomi, sosial dan budaya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat menyinggung kasus HAM masa lalu yang belum tuntas hingga kini. Ada beberapa kendala penyelesaian seperti kompleksitas hukum, pembuktian dan waktu. 

Prabowo Unggul Lagi Jadi Menteri Terbaik Versi Lembaga Survei

Jokowi juga menjanjikan akan terus memperbaiki reformasi sistem hukum dan lembaga. "Melalui reformasi sistem kelembagaan dan penguatan sistem manajemen hukum dan budaya taat hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu," ujarnya. 

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin di Hari Santri Nasional 2021

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Menurut survei PWS Juni 2022 tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Maruf menurun pada Juni 2022 menjadi 62,8%. 

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2022