Jokowi Banggakan Banyak Menteri Perempuan, Prabowo Tanya Apa Hasilnya

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019. Suara Paslon 01 menurut hasil survei Kompas berada di bawah 50 persen.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mempertanyakan inkonsistensi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam memberdayakan kaum perempuan. Hal tersebut tercermin dalam struktur partai yang dipimpin saat ini yaitu Gerindra. 

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Prabowo pun mengakui bahwa masih minim kader perempuan di partai yang dipimpinanya. Hal tersebut karena dia mengaggap Partai Gerindra adalah partai baru. 

"Benar yang bapak sebut, tapi kami punya wakil ketua umum ibu Rahmawati yang memimpin ideologi. Kemudian kita punya sayap partai Perempuan Indonesia Raya, dan susunan caleg kita terbanyak sudah dekati 40 persen, itu tekad kami," tegas Prabowo dalam Debat Pilpres di Jakarta, Kamis 17 Januari 2019. 

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Menanggapi jawaban Prabowo, Jokowi pun membandingkan dengan struktur Kabinet Kerja yang dipimpinnya. Peran perempuan sangat menonjol karena mengisi 9 jabatan strategis di pemerintahan. 

"Ada menlu, BUMN, keuangan, LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Kemudian menteri berani dan nekat yaitu kelautan," tegasnya. 

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Merespons pernyataan Jokowi, Prabowo pun berpendapat, pemberdayaan perempuan bukanlah hanya mengedepankan aspek gender. Namun, juga harus mengedepankan kualitas kerja di organisasi atau pemerintahan. 

"Apa yang bapak banggakan (perempuan di kabinet) itu justru menimbulkan kerugian besar. Jangan lihat gender, tapi kebijakan, tapi ouput," ujar Prabowo. 

"Jangan hanya perempuan yang diangkat, tapi harus perempuan yang cakap dan pro rakyat, bukan perempuan yang rugikan rakyat. Saya tidak akan membanggakan hanya dia perempuan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya