Debat Capres, KPU Disarankan Tak Pilih Panelis dari Kementerian

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ridho Permana

VIVA – Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso, menyampaikan usulan kepada KPU RI agar sosok yang menjadi panelis dalam debat kandidat Capres putaran berikut janganlah sosok yang berada dalam lingkungan pemerintahan. Hal itu disampaikan agar tidak ada kesan keberpihakan pada salah satu paslon yang merupakan calon petahana.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Meskipun di sana ada orang top, tapi kalau masih di jalur kementerian apalagi di lembaga negara dan seterusnya disarankan dan dianjurkan untuk tidak dipilih," kata Priyo di Kantor KPU RI, Senin malam 21 Januari 2019.

Priyo mengatakan, pemilihan panelis sedikit berbeda dengan pemilihan moderator. Pada pemilihan moderator, KPU dapat bertanya dan meminta pertimbangan kedua tim paslon, namun dalam pemilihan panelis, KPU dapat menentukannya sendiri. Sebab, KPU memiliki wewenang untuk memilih panelis berdasarkan logika KPU sendiri. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Meski begitu, Priyo yakin KPU dapat memilih sosok yang netral untuk menjadi panelis debat kedua nanti. Sebab, masih banyak sosok yang netral dan tidak terafiliasi dengan paslon manapun.

"Kita masih bertebaran tokoh tokoh yang selama ini dipandang tidak berafiliasi apalagi secara politik kepada pihak manapun dan kita yakin KPU bisa menghimpun tokoh-tokoh tersebut," ujar Priyo. (ren)

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024
PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024