Ma'ruf Amin Menyisir Selatan Jatim demi Pastikan Dukungan Mutlak NU

Cawapres Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus.

VIVA – Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menjalani rangkaian tur politik di Jawa Timur, sejak kemarin. Dia sebetulnya sudah berkali-kali berkunjung ke Jawa Timur, tetapi kali ini ia fokuskan di kawasan selatan provinsi itu, di antaranya Ngawi, Madiun, Trenggalek, Ponorogo, dan Nganjuk.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Ma'ruf mengaku sengaja menyediakan porsi lebih banyak untuk Jawa Timur, karena demi memastikan dukungan mutlak warga Nahdlatul Ulama (NU), meski organisasi itu bersikap netral, alias tak mendukung pasangan kandidat mana pun.

"NU itu kan ada struktural dan kultural. Itu semua kita rangkul dalam satu pilihan, satu dukungan, sehingga tak terpecah," kata Ma'ruf di Madiun, Selasa 22 Januari 2019.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Ma’ruf sejak kemarin, sampai hari ini mendatangi Ngawi dan Madiun dan melanjutkan tur ke Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, dan Surabaya. Dia dijadwalkan bersafari ke Tuban, Nganjuk, Lamongan, Bojonegoro, dan Surabaya lagi sepanjang pekan ini.

Hampir semua lokasi yang dikunjungi Ma’ruf itu ialah bagian selatan Jawa Timur, atau dikenal dengan kawasan Mataraman. Dia memfokuskan kawasan itu, karena kawasan-kawasan lain sudah didatangi sejak September 2018.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Jawa Timur kan luas sekali. Karena itu, mungkin ini bagian terakhir keliling saya ke Jawa Timur, karena mulai dari September-Oktober … (mengunjungi) Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, dan lain-lain sudah, tinggal bagian selatan tadi," katanya.

Ma'ruf dan Jokowi ingin mayoritas suara atau lebih 70 persen warga Jawa Timur memilihnya, seperti yang dipatok untuk target nasional. Dia mengklaim, dukungan dan sambutan warga Jawa Timur, sangat baik kepada pasangan petahana. (asp)

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024